Berita

Kasau: Audit Bagian dari Fungsi Manajemen dan Pengawasan

Dibaca: 24 Oleh 17 Jan 2022Januari 20th, 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 01 17 at 11.03.53 4
#TNIAU 

TNI AU. Makassar – Koopsau ll. Kegiatan audit yang dilaksanakan Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Udara merupakan bagian dari fungsi manajemen pengawasan yang dilaksanakan secara periodik. Kegiatan audit dapat mendeteksi sedini mungkin dan mencegah terjadinya penyimpangan, berakibat pada penurunan kinerja organisasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo., S.E., M.P., pada acara Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenau TA 2022, secara online yang bersangsung di Gedung Auditorium, Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (17/01/2022).

Melalui kegiatan ini, Kasau Berharap, berbagai program kerja TNI Angkatan Udara, dapat tercapai dan terlaksana sesuai dengan rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.
“Pada tahun ini merupakan kali pertama, di mana Itjenau akan melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan lengkap atau Wasrikkap dalam format baru, yakni Audit Kinerja. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan permasalahan terkini dan fokus pada penugasan dengan pola tematik”, Tegas Kasau.

Ini merupakan bukti komitmen Itjenau, melaksanakan perbaikan, guna meningkatkan fungsi manajemen dan tata kelola organisasi TNI Angkatan Udara, sebagai salah satu langkah penting demi terwujudnya Angkatan Udara yang disegani di kawasan, lanjut Kasau.
Komitmen TNI Angkatan Udara dalam membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi atau WBK, serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani atau WBBM. Untuk itu, TNI Angkatan Udara harus mengelola anggaran pertahanan negara yang dipercayakan secara transparan dan akuntabel, agar dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya. Tambah Kasau.

Baca juga:  Peringati Nuzulul Quran, Danwingdiktekkal Beserta Staf Adakan Buka Puasa Bersama

Predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK RI yang diperoleh tahun lalu, tentunya harus dapat kita pertahankan pada tahun anggaran selanjutnya. kepada tim audit kinerja dari Itjenau, untuk senantiasa menjaga amanah dan tanggung jawab tugas pemeriksaan ini, dengan penuh rasa hormat, Tutup Kasau.

Sementara Inspektur Jenderal TNI Angakatan Udara Marsda TNI Agung Handoko., S.H., M.M., M.H., mengatakan audit merupakan bagian kegiatan pengawasan intern terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi, untuk menjamin kegiatan telah dilaksanakan sesuai tolak ukur yaitu secara efektif dan efesien. Pengawasan intern yang dilaksanakan melalui audit terdiri atas audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu. Tambah Irjenau.

Tuntuan tugas pengawasan yang semakin dinamis dan akomodatif serta merujuk pada ketentuan-ketentuan bidang pengawasan, maka perlu adanya pola pengawasan yang dilaksanakaan Itjenau, sehingga pelaksanaan tugas intern semula dilaksanakan wasrikkap, mulai tahun ini akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan audit kinerja. Harap Irjenau.
Irjenau Marsda TNI Agung Handoko, S.H., M.M., M.H., menegaskan kembali bahwa sasaran pengawasan T.A. 2022 lebih diarahkan pada upaya perbaikan manajemen dan tata kelola kegiatan peningkatan perbaikan kinerja organisasi.

Baca juga:  Ziarah Hari TNI AU Ke-65 Di Surabaya

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel