Berita Utama

Kasau Bekali Peserta LPPKS Angkasa

By 27 Sep 2018 No Comments
pembekalan_Kasau
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.   Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., MM., selaku Pembina Yasarini Pusat hari ini, Rabu (26/9) memberikan pembekalan kepada para peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkasa Seluruh Indonesia bertempat di Kelas Utama Sekkau, Ksatrian Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkasa Seluruh Indonesia yang dilaksanakan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) tersebut dilatarbelakangi adanya peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 6 tahun 2018 yang mana guru dapat diberikan tugas sebagai Kepala Sekolah untuk memimpin dan mengelolah sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Didampingi Aspers Kasau dan Sesdisdikau, Marsekal TNI Yuyu Sutisna memberikan pembekalan tentang kepemimpinan kepada 60 peserta Diklat Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) dihadiri Komandan Sekkau beserta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7 Gabungan II Sekkau, para pejabat dan Patun Sekkau serta para pengurus Yasarini Pusat,

Dengan tema kepemimpinan, Kasau menyampaikan beberapa pokok bahasan yaitu kondisi kepemimpinan sekolah saat ini, definisi kepemimpinan secara umum, kepemimpinan militer dan sipil, kepemimpinan sekolah dan implementasi kepemimpinan di sekolah dalam pembekalannya.

Dikatakan Kasau, Kepala Sekolah sebagai pemimpin dari tiap sekolah adalah sangat penting untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, harus memiliki figure seorang pemimpin yang mengayomi, dapat mengarahkan, membina, mengatur dan mempengaruhi anggotanya untuk mencapai satu tujuan.

 “Untuk menghasilkan hasil didik yang baik, maka semua tenaga pendidik dari para guru, sampai Kepala Sekolah harus memiliki kompetensi mengajar yang tinggi” lanjut Kasau.

Lebih lanjut dikatakan Kasau, selaku Pembina Yasarini sangat berharap sekolah-sekolah dibawah naungan Yasarini mempunyai kualitas yang baik, dan segala hal baik yang telah dicapai harus terus ditingkatkan karena tantangan kedepan semakin dinamis, semakin kompleks sehingga untuk menyikapi semua permasalahan haruslah memiliki strategi yang baik untuk menghasilkan anak didik yang berkualitas.

Karenanya Kepala Sekolah selaku pemimpin tertinggi di sekolah harus mampu memberdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, lancar dan produktif, mampu menyelesaikan tugas dan pekerjaan tepat waktu, mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, dapat menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan staf lainnya, mampu bekerja dengan tim manajemen serta dapat mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang ada.

Pembekalan Kepala Staf Angkatan Udara kepada para peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkasa Seluruh Indonesia itu diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta.

Dipenghujung pembekalan, Kasau memberikan kesempatan kepada para peserta Diklat untuk menyampaikan pertanyaan, usul maupun saran masukan untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan sekolah Angkasa.

Pertemuan Kepala Staf Angkatan Udara bersama para peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkasa Seluruh Indonesia itu diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama didepan gedung utama Widya Mandala Ksatrian Sekkau.

Leave a Reply