TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kasau Buka Event International Adisutjipto Urban Obstacle Run 2018

By 05 Mar 2018Berita
ai
TNI AU. Kepala Staf TNI AU   Yuyu Sutisna, S.E., M.M. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, membuka event Internasional yang bertajuk Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR), di Lanud Adisutjipto, Minggu, (/3).  Event yang baru pertama kali di Indonesia tersebut diselenggarakan atas kerjasama  Lanud Adisutjipto dan bandara Adisutjipto.
Panglima TNI dalam sambutan yang dibacakan
Kepala Staf TNI AU,    memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan panitia penyelenggara lomba, karena event ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Indonesia, yaitu di Lanud Adisutjipto. Selain itu lomba ini dikuti sekitar 2000 pelari baik mancanegara maupun pelari lokal dan terbuka untuk umum dan militer dengan katagori beregu militer, beregu sipil, pria dan wanita perseorangan dengan jarak 5 K dan 10 K
Panglima berharap penyelenggarakan Adisutjipto Urban  Obstacle Run 2018 berkelanjutan setiap tahun.  Kegiatan ini juga diharapkan neningkatkan prestasi pelari nasional serta mengembangkan pariwisata di Yogyakarta dengan berkumpulnya atlit mancanegara.
Kegiatan ini juga wujud kepedulian TNI, khususnya TNI AU untuk mendukung kemajuan prestasi olahraga nasional sekaligus menjaga lingkungan dari polusi udara, karena lari rintangan merupakan olahraga yang menyehatkan, menyenangkan, papar Panglima TNI.
Sementara Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. dalam sambutanya  menyampaikan ucapkan terima kasihnya  kepada seluruh paniti atas terselenggaranya event ini,  juga memberikan penghargaan yang tinggi atas partisipasi dan semangat para Runners dalam negeri maupun luar negeri, dalam menyemarakan kegiatan Adisutjipto Urban Obstacle Run 2018. Lomba lari ini diikuti dari negara Polandia, Kenya, bahkan sebagaian Negara tetangga, seperti malysia dan Thailand
Danlanud  menambahkan animo yang besar  Adisutjipto Urban Obstacle Run ini, tentunya akan memberikan optimisme bagi Angkatan Udara terhadap tumbuhnya minat kedirgantaraan yang semakin meningkat sehingga pada akhirnya akan mampu menambah pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran TNI Angkatan Udara sebagai salah satu komponen pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan integrasi antara TNI/POLRI dan  Masyarakat, Meningkatkan kemampuan dan ketangkasan para atlet olahraga lari, meningkatkan minat olahraga lari untuk semua kalangan, Meningkatkan minat  potensi dirgantara khususnya para remaja terlebih yang lokasi tempat tinggalnya dekat dengan Lanud, terwadahinya aktifitas masyarakat yang positif melalui olahraga, terbinanya potensi dirgantara nasional, papar Danlanud Adi.
Event yang pertama kali di Lanud Adisutjipto ini dimeriahkan  sejumlah atraksi diantaranya Drumband AAU, Penerjunan Paskhas, Airshow Pesawat TNI AU dan FASI, Static Show Pesawat TNI AU dan FASI, Otomotive Show. termasuk atraksi pesawat-pesawat di Lanud Adisutjipto seperti pesawat tempur  F16, Golgen Eagle F5, hingga tim Jupiter Aerobatik dan hiburan.
Acara yang diramaikan ribuan pengunjung tersebut, turut  hadir dalam acara adalah para asisten kasau, Pangkoopsau I dan II, Pangkohanudnas Aspotdirga, Gubernur AAU, Dankodiklatau, Kapolda DIY, GM AP Adisutjipto, dan para pejabat DIY, dan tamu undangan

Kasau Buka Event International Adisutjipto Urban Obstacle Run 2018