Berita

KASAU : Indonesia harus memiliki Deterrence Power

Dibaca: 13 Oleh 09 Apr 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Indonesia merupakan sebuah Negara kepulauan terbesar di dunia dengan letak strategis ditinjau dari berbagai aspek kehidupan, maka kekuatan udara menjadi hal penting yang harus dikelola dengan baik bersama aspek-aspek kehidupan lain agar mampu mengontrol seluruh wilayah udara nasionalnya. Tanpa memiliki kemampuan untuk mempertahankan dan mengamankan negara dengan segala isinya, bangsa Indonesia tidak akan memiliki deterrence power untuk bisa berjalan seiring dengan bangsa-bangsa lain dalam mengarungi gelombang globalisme. Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat dalam Amanatnya yang dibacakan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara (Wagub AAU) Marsekal Pertama TNI Sugihardjo pada upacara Peringatan HUT ke-66 TNI Angkatan Udara di Lapangan Dirgantara Ksatrian AAU, Yogyakarta, Senin (9/4).

Diawali dengan pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Jawatan Penerbangan, kemudian berkembang menjadi TRI dan kini TNI. Dengan modal pesawat peninggalan Jepang yang kala itu sudah ketinggalan baik teknologi maupun kemampuannya, namun atas ketekunan dan kerja keras para teknisi pesawat-pesawat tersebut dapat operasional. Keterbatasan alutsista yang ada saat itu, tidak menjadi hambatan bagi TNI Angkatan Udara untuk menorehkan tinta emas dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menegakan hukum dan menjaga kedaulatan negara di udara yuridiksi nasional. Suatu wilayah Indonesia yang secara geografis sangat strategis dalam percaturan global antar negara.

Upacara HUT TNI AU di AAU oleh 4 Kompi Perwira Lanud dan AAU, 1 pleton PSDP, 2 Kompi POMAU, 1 Kompi Paskhas, 3 Pleton Bintara/Tamtama, dan 2 Kompi PNS Lanud Adi dan AAU. Kesatuan yang hadir selain AAU dan Lanud Adisutjipto, RS Harjo Lukito, Paskhas Kompi E, Museum Dirgantara mandala. baik Perwira, Bintara Tamtama maupun PNS. bertindak selaku Komandan upacara Letkol Kes Wesly Sirait S.Pd. Usai Upacara peringatan ke-66 HUT TNI Angkatan Udara, dilanjutkan acara syukuran yang dihadiri oleh Para pejabat teras AAU, diisi dengan pemotongan Tumpeng oleh Wagub AAU yang diserahkan kepada Anggota AAU termuda Prada Taufik Raharso dan Sertu Wahyu Nurhayati di VIP Room II Mako AAU Yogyakarta.

Baca juga:  Pemenutup Pendidikan Sejursartek (MBSC) di Wingdiktekkal

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel