Berita

KASAU : JADIKAN BANGSA YANG MEMILIKI DETERRENCE POWER

Dibaca: 7 Oleh 09 Apr 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sebagai bagian integral dari Tentara Nasional Indonesia yang lahir dan berdiri tegak menjadi garda bangsa, Angkatan Udara bertugas mengawal kedaulatan negara dan kehormatan bangsa di udara. Artinya, ruang di atas wilayah daratan dan perairan nusantara yang luasnya hampir 8 juta kilometer persegi merupakan ruang yang harus dijaga dan diamankan sekaligus tempat bagi Angkatan Udara melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Demikian sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP yang dibacakan Kadisops Lanud Supadio Letkol Pnb Tjahya Elang Migdiawan pada upacara peringatan Ke-66 Tahun Angkatan Udara di Apron Lanud Supadio, Senin (9/4).

Terkait hal tersebut, lanjut Kasau, maka tanggung jawab Angkatan Udara sebagai bagian integral dari TNI, tidak ringan dalam menegakkan hukum dan menjaga kedaulatan negara di udara yuridiksi nasional. Suatu tugas yang berat mengingat luasnya wilayah Indonesia yang secara geografis sangat sangat strategis dalam percaturan global antar negara.

Lebih lanjut selaku Instansi penjaga dan pelaksana Alutsista, TNI Angkatan Udara harus memelihara dan mengoperasikan alat utama sistem senjata secara maksimal serta mempunyai nilai manfaat yang tinggi bagi terselenggaranya tugas TNI Angkatan Udara dalam mempertahankan keutuhan wilayah dirgantara nasional dan penegakkan hukum diudara bersama-sama dengan segenap komponen kekuatan pertahanan lainnya. ”Saya mengingatkan bahwa operasi penerbangan militer tidak mungkin akan bebas dari resiko, resiko tersebut jika gagal dikelola akan menimbulkan potensi terjadinya incident atau accident yang secara langsung akan menurunkan kesiapan operasi tempur yang memang masih terbatas” jelas Kasau.

Upacara yang berlangsung sederhana namun khidmat, diikuti seluruh satuan kerja di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Batalyon 465 Paskhas dan para pegawai Negeri Sipil Lanud Supadio serta para pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio. Pada peringatan Ke-66 Angkatan Udara kali ini mengambil tema ”Dengan Profesionalisme dan Dedikasi Yang Tinggi, TNI AU Siap Menyongsong Modernisasi Alutsista dan Memberikan Yang Terbaik untuk Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Upacara peringatan ke-66 HUT TNI-AU dillanud Supadio tersebut, diwarnai dengan berbagai macam kegiatan diantaranya Anjangsana ke Panti Asuhan, Bhakti sosial donor darah, Bhakti sosial KB Steril dan karya bhakti TMP, ziarah ke TMP serta puncaknya adalah upacara peringatan ke-66 HUT TNI-AU di Lanud Supadio.

 

Baca juga:  Pangkoopsau I : Wujudkan Zero Accident dengan kerja cermat dan memahami Airmanship.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel