Berita

Kasau : Jaga Komitmen Netralitas TNI dalam Pilkada Serentak

By 26 Jun 2018 No Comments
e942e01e-70ef-4e16-bb63-9e4396353f73
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.   Cilangkap-Dispenau (26/6). Berkaitan dengan akan berlangsungnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak yang akan dilaksanakan pada Rabu (27/6/2018) besok, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) menekankan pentingnya untuk menjaga komitmen netralitas TNI kepada para Panglima serta Komandan Satuan jajaran TNI AU menggunakan fasilitas video conference di ruang monitoring Puskodalau Mabesau, Selasa (26/6).

“Hal yang paling utama dan harus dijaga adalah netralitas TNI. Awasi perilaku serta tindak tanduk seluruh anggota untuk menjaga komitmen tersebut”, tegas Kasau.

Kasau juga menekankan kepada para Panglima dan Komandan di seluruh jajaran TNI AU untuk mengawasi sampai ke jajaran terbawah terkait dengan netralitas TNI.

“Tindak tegas apabila terdapat penyimpangan yang terjadi saat pelaksanaan Pilkada, TNI AU tidak memberikan toleransi terhadap setiap pelanggaran yang terkait dengan netralitas TNI”, tegas Kasau.

Selain itu, Kasau juga meminta para Panglima dan Komandan di seluruh jajaran TNI AU untuk berada di tempat guna mengantisipasi perkembangan situasi yang ada, khususnya pada saat kritis kegiatan Pilkada yaitu saat pemungutan, penghitungan suara dan pengumuman di TPS, yang berpotensi menimbulkan konflik.

“Siagakan alutsista pesawat yang ada, siagakan pada saat waktu kritis tersebut, sambil mengamati perkembangan situasi. Antisipasi apabila akan terdapat pergerakan pasukan, baik pasukan sendiri maupun pasukan dari satuan lain sesuai petunjuk Panglima TNI”, tambah Kasau.

Lebih lanjut Kasau juga menyampaikan bahwa dalam hal pemberian bantuan kepada Polri, harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan petunjuk yang ada.

Di bagian akhir penekanannya, Kasau meminta agar para Panglima dan Komandan Satuan di jajaran TNI AU untuk dapat melaporkan secara berjenjang tentang perkembangan situasi yang ada, mulai dari satuan terbawah sampai ke tingkat Mabesau.

Turut hadir mendampingi Kasau, Asops Kasau Marsda TNI Johannes Berchmans S.W, Aspam Kasau Marsda TNI Dwi Fajariyanto, Kadispenau Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, Kapuskodalau Kolonel Pnb Historis P. Bu’ulolo, S.H.

Leave a Reply