Berita

KASAU : KEBERADAAN POMAU UNTUK KEBERHASILAN TUGAS

Dibaca: 6 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Terbentuknya Polisi Militer TNI Angkatan Udara (Pomau) bukanlah semata-mata merupakan kelengkapan sistem organisasi, namun keberadaannya memang direncanakan dan diperlukan untuk keberhasilan pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Udara. Demikian amanat Kasau Marsekal TNI Subandrio yang dibacakan Komandan Pomau Marsma TNI Sru A. Andreas pada peringatan HUT Pomau ke-63 di Mapomau Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (2/11).

 

Dikatakan, sejak awal pembentukannya, para pendahulu TNI Angkatan Udara menyadari, bahwa kehadiran tugas-tugas polisional di lingkungan organisasi militer mutlak diperlukan, tugas tersebut diselenggarakan untuk menjamin adanya ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit terhadap ketentuan serta aturan hukum yang berlaku.

 

Menurutnya, esensi tugas yang harus diemban oleh jajaran Pomau tidaklah ringan. Kedudukan jajaran Pomau sebagai subyek sekaligus obyek dalam upaya menciptakan ketertiban, kedisiplinan dan ketaatan terhadap aturan dan hukum yang berlaku, merupakan tuntutan yang senantiasa melekat dalam setiap pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari prajurit. “Itulah sebabnya maka keteladanan dan kuatnya nilai harkat dan martabat pajurit Pomau merupakan konsekuensi logis yang harus senantiasa ditampilkan dan menjadi salah satu jawaban dari tuntutan tugas”, tegas Kasau.

Baca juga:  Tinjau Kesiapan Latihan Jalak Sakti, Pangkoopsau I Kuker ke Lanud ASH

 

Kemajuan teknologi dan derasnya arus informasi, lanjutnya, dapat setiap saat mempengaruhi kultur kehidupan pajurit TNI seperti halnya sifat eksklusif dan konsumeris. Dampak negatif dari kedua hal ini apabila tidak dikelola dengan baik, dapat menjadi tantangan tersendiri dalam upaya penegakan hukum, disiplin dan tata tertib dalam kehidupan keprajuritan.

 

Berkaitan dengan perkembangan reformasi di bidang hukum yang merupakan agenda nasional, hendaknya jajaran Pomau secara dini menyiapkan diri untuk menghadapi ber-bagai kemungkinan yang berkembang berkaitan dengan peran, tugas dan fungsi Pomau di masa mendatang.

 

Peringatan HUT Pomau ke-63 kali ini di diikuti oleh Prajurit Pomau, Paskhas dan Wara, dimeriahkan dengan atraksi keterampilan beladiri karate dan demo dari Satuan Brigade Anjing Pomau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel