Berita

Kasau : Kehadiran Kodikau Tidah Bisa Dipisah Dari Sejarah

Dibaca: 8 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kelahiran dan keberadaan Kodikau sebagai lembaga pendidikan formal di lingkungan TNI Angakatan Udara tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjalanan, pengabdian TNI Angkatan Udara. Dipicu dari mendesaknya kebutuhan terhadap kekuatan penerbang dalam memperkuat perjuangan kemerdekaan, maka dibukalah Sekolah Penerbang Angkatan Pertama 15 November 1945 di Maguwo Yogyakarta dipimpin bapak Adisutjipto. Peristiwa bersejarah tersebut menjadi embrio terbentuknya Kodikau dan menggambarkan secara jelas betapa pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam mencapai keberhasilan tugas pokok.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Imam Sufaat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb Wahyu AD pada upacara memperingati HUT ke 64 Kodikau yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Staf II Lanud Sulaiman, Bandung, Jawa Barat. Senin (16/11).

 

Berangkat dari sejarah kata Kasau, selaku generasi penerus hendaknya kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa masa lalu sebagai bagian dari pembelajaran sekaligus bagian dari nafas pengabdian kita kepada bangsa dan Negara. Rasa hormat dan bangga terhadap nilai luhur pengabdian yang telah diwariskan para pendahulu harus senantiasa tumbuh subur dalam sanubari setiap prajurit dan warga Kodikau Kata Kasau.

Baca juga:  Tupdik Susbamenjur Pasint dan Susjurlata Alsarbekud di wingdiktekkal

 

Kasau Mengharapkan, kodikau dapat menjadi ujung tombak untuk meningkatkan kesiapan dan kualitas sumber daya manusia dalam upaya mengejar ketertinggalan teknologi. Mengingat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada dekade terakhir berkembang sangat pesat bahkan telah terjadi revolusi di bidang kemiliteran dan system pertahanan atau biasa di sebut RMA (Revolution Militer Affair). Selain perlombaan teknologi senjatan antarnegara maju sebagai dampak yang mengikutinya maka “technology gap” antara negara maju dan negara berkembang menjadi semakin lebar. Demikian juga halnya globalisasi sedikit banyak telah membawa pengaruh terhadap masuknya nilai-nilai budaya asing yang tidak semuanya cocok untuk kita terapkan di lingkungan TNI Angkatan Udara.

 

Berkaitan dengan keterbatasan anggaran, serta rendahnya kesiapan alutsista dan ketergantungan teknologi masih akan mewarnai dinamika pelaksanaan tugas di masa mendatang. Pemikiran-pemikiran kreatif-realistis dengan tetap mengutamakan asas prioritas harus senantiasa dikembangkan guna mewujudkan efektivitas kegiatan dan efisiensi anggaran, Lanjutnya.

 

Kodikau merupakan komando utama fungsional Angkatan Udara yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pendidikan pertama, pembentukan, pengembangan, spesialisasi, peralihan serta pendidikan lainnya, di samping tugas pembinaan potensi dirgantara. Kodikau mengemban visi dan misi yang sangat strategis berkaitan dengan kualitas sumber daya munusia TNI Angakatan Udara. Tegas Kasau.

Baca juga:  Kasau Resmikan Empat Satuan TNI AU di Natuna

 

Tema peringatan HUT Kodikau, “Tingkatkan Mutu Pendidikan untuk menciptakan SDM Berkualitas yang Berwawasan Ilmu Pengetahuan dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga tema ini mampu memberi inspirasi kepada seluruh personel jajaran Kodikau dalam melaksanakan tugas. Selaku Kasau saya menginginkan cepat atau lambat TNI Angkatan Udara harus dapat menjadi “the first class air force”. Untuk itu, pahami dan manfaatkan peluang yang baik ini untuk meningkatkan kualitas dan kontribusii Kodikau terhadap pembangunan TNI Angkatan Udara ke depan. tambah Danlanud.

 

Kasau mengingatkan, Kemajuan yang telah dicapai saat ini merupakan rangkaian dari hasil kerja keras, disiplin, dedikasi dan loyalitas pengabdian segenap prajurit dan warga jajaran Kodikau. Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas segala upaya dan kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan selama ini.

 

Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Kepala Staf Angkatan Udara, mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh prajurit dan warga Kodikau, dengan harapan semoga peringatan HUT ke-64 ini dapat memberikan makna dan nilai manfaat terhadap upaya Kodikau dan jajarannya untuk terus meningkatkan kualitas peran dan tugasnya di bidang pendidikan.

Baca juga:  KOLONEL PNB IRWAN IS DUNGGIO JABAT DANWING 4 LANUD ATS

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel