Berita

Kasau : “Keselamatan Terbang dan Kerja harga Mati”

Dibaca: 0 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pergantian Tahun merupakan moment tepat untuk evaluasi dan merencanakan langkah kedepan guna memperbaiki diri. Pengalaman 2009 hendaknya di jadikan guru yang baik, sehingga kita dapat memetik setiap pelajaran untuk tidak mengulang kesalahan yang sama. Dari setiap peristiwa yang terjadi.

 

Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Imam Sufaat dalam Sambutannya yang dibacakan Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI B.S.Silaen. S.IP. pada Apel Khusus Menyambut tahun baru di Lapangan Dirgantara Kampus AAU (Selasa /5/1).

 

Dalam sambutannya Kasau memberikan beberapa arahan bagi pembinaan setiap insan Angkatan Udara. Berupa sasaran pembinaan jangka pendek yakni tidak terjadinya accident dalam satu tahun kedepan, sedangkan sasaran jangka panjang TNI Angkatan Udara sebagai The first class air force

 

Untuk mewujudkan sasaran tersebut, TNI Angkatan Udara telah menetapkan langkah-langkah strategis yang harus dipatuhi oleh setiap pelaku di lapangan. Pertama, road map to zero accident harus dipegang teguh dan dilaksanakan secara konsisten, kedua perkuat kepemimpinan dan manajemen, terutama di satuan-satuan udara yang berhubungan dengan tugas operasional. Beberapa kecelakaan pesawat yang terjadi disebabkan karena human error, yang mestinya dapat kita eleminir bila kepemimpinan setiap komandan berfungsi dengan maksimal. Untuk itu komandan harus hands on, terjun langsung ke lapangan, kenalil kemampuan dan kapasitas anak buah, berani menanggung resiko, memutuskan dengan bijaksana, serta tepat memberi reward and punishment. ketiga, keselamatan terbang dan kerja merupakan harga mati yang harus senantiasa dipelihara dalam setiap pelaksanaan tugas. Untuk itu, TNI Angkatan Udara harus mampu mewujudkan budaya safety sebagai nafas pengabdiannya.

Baca juga:  Kasau Lepas Mudik Gratis KBA Mabesau

 

“Kita harus mampu mengasah rasa kepedulian dan kepekaan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan incident maupun accident potential yang ada di sekeliling lingkungan kerja” jelasnya.

 

Kasaupun mengakui Permasalahan utama yang di hadapi mendatang masih pada keterbatasan anggaran yang dapat berpengaruh pada aspek perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan setiap kegiatan pembinaan. Namun beliau optimis karena sesungguhnya anggaran hanya merupakan bagian kecil dari keberhasilan pelaksanaan tugas.

 

Kualitas SDM lebih dominan dalam menentukan tingkat keberhasilan tugas. Dukungan anggaran yang tersedia berapapun besarnya harus dapat kita kelola dengan pertimbangan efektivitas dan efesiensi kegiatan. Untuk itu, maka skala prioritas merupakan langkah yang tepat yang harus diambil, dimana penggunaan anggaran hanya ditujukan pada kegiatan yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan tugas. dengan sikap seperti itulah kita dapat mendayagunakan anggaran negara secara optimal, dengan kemauan yang sungguh-sungguh dari kita semua, insya allah, kita akan mampu melakukannya.

 

Hadir pada Apel Khusus tersebut para Pejabat dan Anggota tetap AAU, Perwira Bintara Tamtama, PNS dan Karbol AAU, sedangkan bertindak sebagai Komandan apel Mayor Adm Susilo sadewo. Penerangan AAU

Baca juga:  Sholat Idul Fitri 1436 H Di Lanud Adi Soemarmo

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel