Berita

KASAU: KODIKAU MERUPAKAN “KAWAH CANDRADIMUKA”

Dibaca: 6 Oleh 28 Nov 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

“Kodikau merupakan kawah candradimuka dalam menciptakan postur TNI Angkatan Udara yang tangguh dan handal untuk mengawaki Angkatan Udara saat ini dan dimasa depan”, ujar Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc saat membacakan sambutan Kasau Marsekal Imam Sufaat, S.IP pada upacara peringatan HUT Ke-67 Kodikau di lapangan apel Wingdiktekkal, Bandung. Rabu (28/11).

Menurutnya, regenerasi prajurit TNI Angkatan Udara adalah suatu kepastian yang kehadirannya tidak dapat dicegah karena bersifat alamiah, sehingga Kodikau harus merasa tertantang untuk berkontribusi dalam membentuk kader-kader prajurit yang tangguh dengan kualitas lebih baik dibandingkan saat ini. “Ini menunjukkan bahwa TNI Angkatan Udara senantiasa concern dengan lembaga pendidikan yang merupakan wadah transfer of knowledge bagi prajurit Angkatan Udara sehingga regenerasi tetap berjalan.”, tambahnya.

Dalam proses pendidikan, ujarnya, faktor lingkungan memiliki pengaruh yang cukup signifikan sehingga berdampak pada mentalitas, sikap dan karakter para prajurit. Oleh karena itu, jelasnya, Kodikau harus berani melangkah dengan meninggalkan metode, sistem dan cara-cara lama yang menyebabkan stagnasi dalam proses belajar mengajar yang bermuara pada hasil didik yang kurang berkualitas.

“Kualitas hasil didik, selain ditentukan dari sejauh mana kualitas metode, sistem maupun instrukturnya dalam proses mengajar, juga ditentukan dari kualitas personel yang akan dididik baik dalam aspek intelegensi, kepribadian yang dilandasi moral dan etika yang baik serta kesehatan jasmani yang prima”, kata Danwingdiktekkal. Hal ini dikatakan Kasau melihat perkembangan sosial saat ini, akan maraknya tindakan-tindakan pelanggaran hukum, HAM dan penyalahgunaan narkoba. “Untuk itu, Kodikau harus mengambil sikap aktif dengan menerapkan pola pengajaran dan pengasuhan secara lebih intens”, lanjutnya.

Sebagai Komando Fungsional Angkatan Udara, jelasnya, Kodikau memiliki peran yang sangat strategis dalm pembentukan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Udara dimasa kini dan masa depan. “Sebagai hulu dari proses pembentukan prajurit Angkatan Udara yang berkualitas, Kodikau harus mampu berbuat banyak dengan menerapkan berbagai metode maupun sistem pendidikan.”, tegasnya.

Usai upacara HUT Ke-67 Kodikau dengan tema “Melalui Peringatan HUT Ke-67 Kodikau Siap Mendidik dan Mencetak Sumber Daya Manusia TNI AU yang Berjiwa Kedirgantaraan dan Profesional Guna Menuju The First Class Air Force” dilanjutkan dengan pemberian trophy dan piagam penghargaan kepada intrustur teladan serta penyerahan piala juara I, II, dan III untuk pertandingan bola voli dan sepak bola.

Baca juga:  Letda Pom Ramdhani Syafaat A.M., S.Tr. Han Sebagai Siswa Terbaik Sesarcab Pomau Angkatan Ke-23

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel