Berita

Kasau Kunjungan ke JASDF

Dibaca: 11 Oleh 14 Sep 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP didampingi Asops Kasau Marsda TNI Ismono Wijayanto melakukan kunjungan ke Tokyo Jepang selama tiga hari atas undangan Kepala Staf Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) Jenderal Haruhiko Kataoka, belum lama ini.

Kunjungan tersebut merupakan balasan atas kunjungan Kepala Staf Pasukan Bela Diri Udara Jepang ke Indonesia pada tahun 2011,yang merupakan implementasi hubungan TNI AU dan JASDF dan juga mencerminkan keinginan JASDF dalam rangka meningkatkan kerjasama antara kedua Angkatan Udara.

Selama berada di lingkungan JASDF, Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP didampingi Director General Affairs Department Mayjen Tetsuo Morimoto dan melaksanakan beberapa pertemuan, antara lain dengan Menteri Pertahanan YM. Satoshi Morimoto, Kepala Staf Gabungan JSDF Jenderal Shigeru Iwasaki dan Kepala Staf JASDF Jenderal Haruhiko Kataoka.

Menurut Atase Pertahanan Indonesia di Tokyo Jepang Kolonel Sus Tawakal Sidik, kegiatan lain yang dilaksanakan adalah peletakan karangan bunga di Memorial Zone, Ministry of Defence, menerima jajar kehormatan Pasukan Bela Diri JASDF, jamuan makan malam oleh Kepada Staf Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) dan Kepala Staf Gabungan JASDF .

Selain itu juga Briefing di Ministry of Defence, peninjauan ke Patung Sudirman di area Ministry of Defence, peninjauan ke Air Training Command dan1 st Air Wing di Hamamatsu Air Base, kunjungan kehormatan ke Komandan Air Staff College dan Joint Staff College dilanjutkan dengan briefing, dan kunjungan ke objek budaya serta museum sejarah Jepang.

Hal-hal yang mengemuka dalam pembicaraan Kasau dengan para pejabat petinggi militer JSDF antara lain berkaitan dengan pengembangan kerjasama antara kedua angkatan udara seperti peningkatan kualitas SDM, kerja sama di bidang penanggulangan bencana alam, peace keeping operation dan keinginan pihak Jepang untuk kegiatan latihan bersama pesawat angkut.

Di bidang penanggulangan bencana alam, kedua pihak saling menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan penanganan bencana alam di masing-masing negara. Dalam kegiatan perdamaian, Peace Keeping Operation (PKO) adalah salah satu tugas TNI dalam turut serta menjaga perdamaian dunia.

Kasau menghimbau agar Jepang memberikan kontribusinya sehubungan dengan telah didirikannya Peace Keeping Center di Indonesia. Pihak Jepang menyambut dengan baik dan menyatakan akan berkontribusi semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang dimiliki Jepang baik untuk piranti lunak maupun piranti kerasnya.

Baca juga:  APEL BENDERA 17 JUNI 2009 DI SESKOAU LEMBANG

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel