Berita

KASAU LANTIK PERWIRA LULUSAN SETUKPA

Oleh 14 Mei 2010 Tidak ada komentar
KASAU LANTIK PERWIRA LULUSAN SETUKPA
#TNIAU 

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Herman Prayitno melantik dan mengambil sumpah sebanyak 201 Perwira lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Angkatan ke-10 tahun 2007 di Lanud Adi Sumarmo, Panasan. Solo, Jumat (7/12).

 

Dalam sambutannya Kasau mengatakan, dengan bertambahnya perwira lulusan Setukpa, maka upaya pemenuhan kebutuhan personel Angkatan Udara, khususnya golongan perwira secara bertahap dapat diwujudkan bersama dengan perwira lulusan Akademi Angkatan Udara dan Sekolah Pertama Perwira Prajurit Karir (Semapa PK).

 

Sumber masukan Perwira Setukpa berasal dari Bintara pilihan yang telah memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang tinggi dalam kejuruan masing-masing, serta dinilai mampu mengemban tugas menjadi kelompok pemimpin atau manajer. Dengan berbekal kemampuan dasar ilmu manajemen dan kepemimpinan selama mengikuti Setukpa, para perwira diharap dapat menjadi andalan dalam pelaksanaan tugas yang memerlukan keterampilan teknis yang tinggi, terutama yang langsung terkait dengan kesiapan operasional TNI Angkatan Udara, ujar Kasau.

 

Dikatakan Kasau, pengucapan Sumpah Perwira dan Sumpah Prajurit merupakan pernyataan tekad pengabdian yang mengandung nilai-nilai keprajuritan yang harus dihayati dan dipegang teguh, sedangkan Sapta Marga adalah identitas yang merupakan pedoman setiap prajurit. Ketiganya merupakan nilai-nilai yang harus menyatu secara utuh dalam diri pribadi setiap perwira.

 

Menjadi perwira tidak cukup dengan sekedar mengikuti dan lulus Setukpa, akan tetapi harus benar-benar dijiwai serta terus menerus menempa diri untuk menjadi perwira sejati yang secara falsafah mengandung unsur loyalitas, kepeloporan dan kemauan bekerja keras.

 

Perlu disadari bahwa keberhasilan pelaksanaan tugas sangat ditentukan oleh kesiapan sumber daya yang perpaduan dari unsur manusia, peralatan dan seluruh system perangkat lunak yang mendukungnya. Peralatan modern dan canggih belum merupakan jaminan keberhasilan pelaksanaan tugas, akan tetapi harus diimbangi oleh awak organisasi yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan profesionalisme yang tinggi serta sikap kejuangan untuk selalu berusaha menaklukan setiap tantangan tugas yang dihadapi.

 

Kasau mengharapkan, bahwa perwira lulusan Setukpa yang memiliki kelebihan pengalaman dilapangan dan keterampilan teknis yang tinggi, agar dapat memanfaatkan kelebihan tersebut untuk membina para Bintara dan Tamtama bawahannya maupun untuk optimalisasi pelaksanaan tugas dan jabatan yang baru untuk selanjutnya meniti karir ditengah-tengah dinamika kehidupan organisasi yang terus berkembang.

 

Dalam penekanannya kepada perwira yang baru dilantik Kasau mengatakan, agar membentengi diri dan keluarga melalui keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan YME, melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan dengan motivasi untuk mencapai hasil terbaik serta manfaatkan setiap penugasan sebagai wahana meningkatkan pengetahuan dan kemapuan, ciptakan kehidupan disiplin yang tinggi mulai dari diri sendiri serta berkembang menjadi budaya yang selalu melekat dalam sikap perilaku perwira TNI Angkatan Udara, tingkatkan kemampuan dan keterampilan dibidang masing-masing melalui kegiatan belajar, bertanya dan banyak membaca agar tidak tertinggal dari perkembangan lingkungan kemajuan tehnologi yang berkembang pesat serta pelihara citra perwira pada umumnya dan TNI angkatan Udara khususnya baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari.(Pen Adi Soemarmo).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel