Berita

KASAU : LATIHAN POSKO UJI DOKTRIN TNI/TNI AU

Dibaca: 30 Oleh 10 Okt 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Latihan Gladi Posko Angkasa Yudha tahun 2012 bertujuan untuk menguji doktrin TNI/TNI AU sampai tingkat satuan yang digunakan dalam penyelenggaraan suatu operasi udara serta memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas dan Dinas terkait dalam sebuah operasi gabungan dengan mempraktekkan prinsip “unity of command”.

Demikian disampaikan Kasau Marsekal TNI I,am Sufaat, S.IP., dalam sambutannya yang disampaikan Wakasau Marsdya TNI Dede Rusamsi pada pembukaan Latihan Posko Angkasa Yudha tahun 2012 di Seskoau Lembang. Bandung, Selasa (9/10).

Lebih lanjut dikatakan, aspek strategis sasaran Latihan Gladi Posko ini yaitu tersusunnya dokumen strategis pada tataran operasional dan taktis berdasarkan analisis kontijensi yang sedang dan akan terjadi. Aspek operasionalnya yaitu terciptanya interaksi yang harmonis dan dinamis dari seluruh peserta latihan Angkasa Yudha 2012.

Sedang aspek taktik Gladi Posko Lanjutnya, meliputi terwujudnya kesiapan operasi Kotama TNI AU beserta jajarannya maupun pendukung lain dari aspek personel, alutsista serta piranti lunak serta tersusun dan terujinya rencana operasi yang sewaktu-waktu dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan operasi sesungguhnya.

Baca juga:  Isi Ramadhan Dengan Tadarus di Lanud Roesmin Nurjadin

Untuk Aspek taktis Gladi Lapangan antara lain terciptanya kemampuan perorangan maupun satuan di jajaran Kotama dalam melaksanakan koordinasi, pergerakan dan penggelaran seluruh satuan taktis serta melaksanakan operasi dalam menghadapi tantangan nyata.

“Materi gladi yang dikembangkan dibidang staf adalah pengembangan perencanaan staf pada setiap operasi udara yang akan dilaksanakan meliputi Operasi Pertahanan Udara, Operasi Serangan Udara Strategis, Operasi Lawan Udara Ofensif, Operasi Dukungan Udara dan Operasi Informasi dengan melaksanakan 14 langkah proses pengambilan keputusan”, Jelas Kasau.

Latihan dengan metode Gladi Posko dan Gladi Lapangan ini bersifat satu pihak dikendalikan mengambil tema “Kogasgabud (Komando Tugas Gabungan Udara) Melaksanakan Operasi Udara di Mandala Operasi Guna Mendukung Tugas Pokok Komando Gabungan TNI Dalam Rangka Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel