Berita

KASAU: MUSPURDIRLA BAKAL MENJADI MUSEUM TERBESAR DI ASIA TENGGARA

Dibaca: 80 Oleh 03 Des 2017Tidak ada komentar
KASAU: MUSPURDIRLA BAKAL MENJADI MUSEUM TERBESAR DI ASIA TENGGARA
#TNIAU 

TNI AU.   Obsesi TNI AU  menjadikan Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta sebagai yang terbesar di Asia nampaknya bakal terwujud.  Berbagai upaya menambah koleksi benda museum, khususnya pesawat terbang saat ini  terus dilakukan TNI AU. Lima pesawat legendaris yang baru  adalah Cessna 401A ,  MIL MI-1, Bell 204 Iroquois, Bell 47G Soloy,  dan S-58T Twinpac.

Kedatangan lima pesawat di Muspusdirla disambut dalam sebuah upacara peresmian, yang dipimpin oleh  Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP yang didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Minggu (3/12).   Hadir pula   beberapa pejabat TNI AU seperti Wakasau, Gubernur AAU dan para pejabat TNI AU serta para sesepuh dan senior TNI AU sebagai pelaku sejarah. Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mengatakan bahwa Muspusdirla adalah merupakan tempat dimana upaya untuk meneruskan nilai perjuangan bagi para generasi penerus digiatkan, karena menyimpan koleksi yang dapat menceritakan perjuangan dan jiwa kepahlawanan para pendahulu Angkatan Udara dalam mempertahankan NKRI

Baca juga:  Lomba Lukis dalam rangka HUT ke-73 TNI AU T.A 2019 di Lanud Dmn

“Saya berharap museum ini menjadi tujuan utama wisata pendidikan sehingga dapat digunakan sebagai penambah kesadaran rasa cinta tanah air bagi para pengunjung museum, khususnya kaum remaja dan anak-anak generasi penerus bangsa”.

Museum Pusat Dirgantara Mandala ini adalah museum yang  paling menarik,  karena koleksi pesawat -pesawatnya tidak hanya produk negara Timur tetapi  negara Barat, termasuk negara Jepang. Beberapa koleksi pesawat juga memiliki  sejarah yang melegenda pada jamannya, bahkan merupakan pelaku sejarah pada perang dunia I dan II, dimana di negara asalnya sudah tidak dapat ditemukan  lagi.

Dengan terus bertambahnya dan makin lengkapnya koleksi pesawat, Muspusdirla mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang lansung diberikan   Bapak Jaya Suprana sebagai pendiri MURI. Piagam Penghargaan MURI diberikan  kepada Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., atas Rekor Pemrakarsa Museum dengan Koleksi Monumen Pesawat Terbanyak. Menanggapi hal tersebut, Kasau menyampaikan bahwa rekor MURI ini adalah sebagai apresiasi terhadap perjuangan para senior yang hadir disini dan yang telah membangun Angkatan Udara hingga saat ini. Rekor MURI ini saya dediksikan untuk seluruh prajurit Angkatan Udara di Indonesia, ujarnya.
Saat peresmian monumen pesawat tersebut, Kasau didampingi oleh para sesepuh dan senior TNI AU sebagai pelaku sejarah yang telah membawa pesawat-pesawat mengarungi samudera pasifik ke Indonesia dan telah mengoperasionalkannya untuk menjaga kedaulatan negara dari udara.
Pada kesempatan tersebut, perwakilan Keluarga Besar Cessna dan Chopper menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kasau, karena telah   memprakarsai pembangunan museum ini menjadi museum terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga:  Primkopau Lanud Sutan Sjahrir Gelar Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2019

Para pelaku sejarah   berpesan kepada generasi penerus TNI AU agar menjadi prajurit yang professional, safety and security first, serta jaga kekompakan. Jangan pernah berputus asa dan tetap memiliki tekad yang besar dalam mencapai cita-cita.
IMG-20171203-WA0074  IMG-20171203-WA0072

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel