TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kasau : Pegang Teguh Komitmen Netralitas

By 07 Jan 2014Berita
Exercise Pitch Black 2012

Keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AU tentunya tidak hanya dilakukan oleh kualitas dan kuantitas alat utama sistem senjata yang dimiliki, akan tetapi juga ditentukan oleh profesionalitas prajurit TNI Angkatan Udara yang berkomitmen terhadap tanggung jawab setiap pelaksanaan tugas yang diemban. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI I.B. Putu Dunia mengatakan hal tersebut dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I, Marsekal Muda TNI M. Syaugi, S. Sos dalam Apel Khusus Tahun Baru 2014, yang digelar di Lapangan Upacara Makoopsau I Jakarta, Senin (6/1).

Selain profesionalitas prajurit TNI Angkatan Udara, Kasau juga mengingatkan, bahwa pada tahun 2014, Indonesia akan melaksanakan hajat nasional pesta demokrasi berupa pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Untuk itu, Kasau menegaskan, TNI AU selaku alat negara harus tetap memegang teguh komitmen netralitas dengan tidak memihak salah satu golongan atau partai manapun.

Sementara itu, merefleksi pelaksanaan tugas-tugas TNI AU di tahun 2013, seperti Latihan Gabungan TNI dan Latihan Puncak Angkasa Yudha serta program penambahan, penggantian dan modernisasi Alutsista, Kasau menilai telah berjalan sesuai dengan program kerja yang direncanakan,

Beberapa alutsista secara bertahap telah datang dan memperkuat jajaran TNI Angkatan Udara seperti pesawat latih G-120TP Grob dan T-50i Golden Eagle., CN-295, C-130, Sukhoi dan Super Tucano. “Kedatangan alutsista tentu saja sangat menggembirakan, karena akan menambah kesiapan operasional TNI Angkatah Udara,” tegas Kasau.

Di bidang tugas OMSP, lanjut Kasau, TNI Angkatan Udara juga ikut berperan serta dalam misi kemanusiaan, seperti membantu berbagai musibah bencana alam baik di dalam maupun di luar negeri, salah satunya bantuan ke Philipina saat diterjang angin topan Haiyan.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kasau : Pegang Teguh Komitmen Netralitas