Berita

KASAU : PERWIRA TNI AU HARUS MAMPU JADI PERWIRA YANG VISIONER

Dibaca: 14 Oleh 09 Jun 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kedepan diharapkan para perwira mampu menjadi pemimpin visioner yaitu harus memiliki visi yang jelas yang berorientasi kepada perubahan dan perkembangan situasi yang terjadi guna menentukan arah kepemimpinannya sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawab satuan pada strata bidang tugasnya.

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., pada pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) Angkatan ke-87, di Kampus Sekkau Halim Perdanakusuma, Selasa (8/6). Dengan topik ”Dinamika perubahan pada masa mendatang dikaitkan dengan profesionalisme prajurit TNI/TNI AU dan efektifitas serta efisiensi organisasi”.

Untuk mencapai profesionalisme, lanjutnya, setiap prajurit wajib meningkatkan kemampuan melalui latihan dan pendidikan agar penguasaan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat untuk mengimbangi perkembangan dan kemajuan teknologi di masyarakat.

”Didasarkan pada hakikat profesionalisme dan tantangan yang dihadapi TNI/TNI Angkatan Udara pada masa mendatang baik tantangan dari dalam maupun luar negeri, maka para perwira diharapkan mempunyai karakter dan sifat pejuang, kemampuan intelektual, berjiwa pemimpin, pengayom dan taat pada hukum”, tegas Kasau.

Baca juga:  Kosek Hanudnas II Ikuti Latgab TNI 2013

Pada kesempatan tersebut Kasau juga mengutip pernyataan, Smither, Houston dan Mc Intire, ”all organizations must change in the order to survival”. Pernyataan ini mempunyai makna bahwa perubahan yang terjadi dalam organisasi adalah demi kepentingan organisasi. Oleh karenannya, setiap perubahan harus dikelola sebaik mungkin agar organisasi tersebut mampu menghadapi tantangan jaman yang terus berkembang.

Menurut Kasau, perwira profesional adalah perwira yang memiliki keterampilan, kekuatan karakter pribadi, memegang teguh komitmen, konsistensi terhadap norma kepemimpinan serta mampu menjadi teladan bagi bawahannya.

Sekkau angkatan ke-87 diikuti oleh 132 Pasis terdiri dari 128 Pasis TNI AU termasuk dua Pasis eks Pasis mancanegara (Kpt. Pnb. Pandu dan Kpt. Pnb. Wisnu) dan dua belas Wara, dua Pasis TNI AD serta dua Pasis TNI AL.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel