Informasi

Kasau Pimpin Upacara Wingday Sekbang A-98 Terpadu

Dibaca: 7 Oleh 04 Agu 2021Tidak ada komentar
IMG 20210804 WA0039
#TNIAU 

TNI AU. Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., memimpin upacara Wingday Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan ke 98 Terpadu, di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (4/8/2021).

Pada saat upacara, Kasau menyematkan Tanda Pangkat, Wing Penerbang, dan menyerahkan Trofi kepada perwakilan lulusan terbaik Sekbang A-98 Terpadu, Letda Pnb Arya Wisnu Wardana, S.Tr. (Han).

Adapun lulusan terbaik tahun ini adalah, Letda Pnb Arya Wisnu Wardana, S.Tr. (Han) untuk jurusan Fix Wing, sedangkan lulusan terbaik Rotary Wing adalah Letda Pnb Givana Patriot Simorangkir, S.Tr. (Han)

Pada kesempatan tersebut, Kasau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan Sekbang A-98 Terpadu dengan hasil yang sangat baik.

Apresiasi khusus, disampaikan Kasau kepada kedua lulusan terbaik tahun ini.

Ucapan selamat juga disampaikan Kasau kepada para orang tua dan keluarga wisudawan, sekaligus mohon doa restunya bagi para wisudawan, agar dapat menjalankan tugas sebagi penerbang dengan aman dan lancar.

Baca juga:  Itjenau Uji Petik Bangfas Di Koopsau III

“Saya berharap, agar para orang tua senantiasa memberikan dukungan moril dan mendoakan putra-putrinya, agar senantiasa diberikan keselamatan dalam pengabdian yang tulus demi kejayaan bangsa dan negara,” harap Kasau

Lebih lanjut dalam amanatnya, Kasau menyampaikan, bahwa airmanship merupakan landasan yang harus menjadi dasar bagi setiap penerbang, sekaligus prinsip dalam pola tindak yang terbentuk berdasarkan situasi.

“Pada prinsipnya, airmanship adalah judgement yang lahir dari situational awareness yang tinggi,” ujar Kasau.

Kepada para wisudawan, Kasau menekankan, agar selalu giat mengisi diri dan terus mengembangkan kemampuan dan wawasan, guna menghadapi berbagai dinamika tantangan tugas.

“Tantangan di era informasi ini telah semakin kompleks dan akan terus berubah secara dinamis. Teruslah mawas diri dan semakin giat dalam mengisi dan mengembangkan kemampuan diri, dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang relevan dengan kebutuhan tugas kalian.” Harap Kasau.

Selain itu Kasau juga berharap, agar wisudawan Senantiasa meningkatkan kemampuan literasi, serta menanamkan prinsip untuk terus belajar sepanjang hayat.

“Karena sejatinya, seluruh perjalanan karier adalah proses pembelajaran dan penempaan yang harus dilalui, untuk menjadi seorang airman yang andal,” ujar Kasau

Baca juga:  Penerangan Langsung di Lanud Wiriadinata Berlangsung Interaktif

Pada bagian akhir sambutan, Kasau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, yang telah berpartisipasi aktif membantu penyelenggaraan Sekabang A-98 Terpadu ini dengan hasil yang sangat baik.

Setelah pelaksanaan upacara, Kasau juga berkesempatan berkomunikasi dengan orang tua penerima trofi, secara virtual melalui telekonferensi.

Sekbang A-98 Terpadu, berhasil meluluskan 41 penerbang, terdiri dari 39 penerbang TNI AU, satu penerbang TNI AL dan satu penerbang TUDM (Tentera Udara Diraja Malaysia). Lulusan dari TNI Angkatan Laut merupakan seorang perwira penerbang Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal)

Lulusan Sekbang dari TNI AU terbagi menjadi 13 penerbang tempur, 16 penerbang angkut/transport dan 10 penerbang helikopter.

Para lulusan Sekbang A-98 Terpadu telah melaksanakan pendidikan selama 22 bulan. Adapun tahapan pendidikan yang telah mereka selesaikan adalah Bina Kelas, Bina Terbang Latih Dasar dan Bina Terbang Latih Lanjut yang dilaksanakan di tiga Skadron Pendidikan TNI AU.

Wingday diakhiri dengan demo udara, flypast dengan formasi bomb burst, oleh Jupiter Aerobatic Team (JAT) dengan 6 pesawat KT-1 Wongbee dan tradisi passing out parade oleh para wisudawan.

Baca juga:  Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara Unggul

Hadir dalam kegiatan ini, Dankodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., para Asisten Kasau, Aspers Kasal, Gubernur AAU, Waaspers Panglima TNI, Danlanud Adi, Kadisopslatau, Kadisdikau, Kadisminpersau, dan Kadispenau.

IMG 20210804 WA0047

IMG 20210804 WA0049 2

IMG 20210804 WA0041

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel