Berita

Kasau Pimpin Ziarah di Ngoto

Dibaca: 7 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat memimpin ziarah dalam rangka peringatan ke-65 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara di Ngoto Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (28/7). Di areal monumen Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara, Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh dimakamkan bersama istri masing-masing.

Ziarah diikuti pejabat TNI Angkatan Udara, wisudawan purnapati, keluarga pahlawan, anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara, PIA Ardhya Garini serta anggota TNI AU baik dari Lanud Adisutjipto maupun Akademi Angkatan Udara serta Karbol.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara.

Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh adalah pendahulu TNI Angkatan Udara yang gugur pada peristiwa ditembakjatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Desa Ngoto sesaat setelah ditembak pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda pada tanggal 29 Juli 1947. Pesawat Dakota VT-CLA terbang dari Singapura menuju Pangkalan Udara Maguwo dengan membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia.

Dalam persitiwa yang terjadi 65 tahun lalu itu, ikut gugur pula penumpang lain, seperti Pilot Alexander Noel Constantine, Co-Pilot Roy Hazelhurst, Bhida Rham dan Ny. Noel Constantine juga gugur. Termasuk Zainul Arifin, konsul dagang RI di Malaka.

Atas jasa-jasanya, Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1974 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 071/TK/1974.

Baca juga:  Pertandingan Sepakbola Gabungan Pati dan Pamen Korpaskhas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel