TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

KASAU PIMPIN ZIARAH HARI BAKTI KE-70 DI MONUMEN PERJUANGAN TNI AU

By 29 Jul 2017Berita
IMG-20170729-WA0013

TNI AU.  Dalam rangka peringati Hari Bakti ke-70 TNI Angkatan Udara, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.IP  memimpin ziarah di monument perjuangan TNI Angkatan Udara di ngoto Kabupaten Bantul Yogyakarta, Jumat (28/7).

Kasau mengatakan bahwa bangsa Indonesia selalu mengenang perjuangan para pahlawannya, dan itu adalah tradisi yang baik, lebih lanjut kasau menuturkan bahwa tanggal 29 juli adalah tanggal yang begitu mengenang bagi TNI  Angkatan Udara dikarenakan adanya satu peristiwa heroik  yaitu pengeboman oleh pesawat guntei serta dua cureng yang diterbangkan para kadet AURI di atas pasukan militer belanda di semarang, salatiga dan ambarawa pada tanggal 29 juli 1947.

Serta terjadinya penembakan terhadap pesawat yang membawa obat-obatan dari malaysa oleh pesawat belanda dan disaat yang bersamaan gugur di antaranya adalah komodor Muda Abdulracman Saleh, Komodor Muda Ignatius Adi Sucipto serta letnan muda adi soemarmo .

“Dari peristiwa tersebut dapat kita ambil pelajaran nilai-nilai kejuangan serta nilai-nilai rela berkorban, mereka adalah satria dirgantara yang patut kita teladani dan tidak akan pernah akan lekang oleh waktu, sehinga itulah yang saya tanamkan kepada seluruh prajurit Angkatan Udara”,kata Kasau.

Prosesi ziarah di awali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah, setelah upaca selesai dilanjutkan dengan tabor bunga ke pusara komodor Muda Udara A.Adi Sucipto dan komodor udara muda prof Abdulrachman Saleh.

Hadir pada ziarah tersebut, Mantan Kasau diantaranya Marsekal TNI (Purn) Joko Suyanto, Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia, Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat da Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno, Para asisten Kasau , Wisudawan purnapati, keluarga pahlawan, anggota persatuan purna wirawan Angkatan Udara, PIA Ardhya Garini, anggota TNI AU baik dari lanud maupun dari taruna   keluarga pilot asal Australia Imanuel Constantine.

IMG-20170728-WA0066 IMG-20170729-WA0017

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

KASAU PIMPIN ZIARAH HARI BAKTI KE-70 DI MONUMEN PERJUANGAN TNI AU