TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kasau Pimpin Ziarah Peringatan ke-71 Hari Bakti TNI AU di Ngoto

IMG-20180728-WA0136

TNI AU. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI  Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE,M.M., Sabtu (28/7) memimpin ziarah di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara di Ngoto. Ziarah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan ke-71 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara dan wisuda Purnapati.

Acara ziarah diikuti pejabat TNI Angkatan Udara, wisudawan Purnapati, keluarga pahlawan, anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara, Taruna AAU, PIA Ardhya Garini  serta anggota TNI AU baik dari Lanud Adisutjipto, Akademi Angkatan Udara, RSPAU Hardjolukito dan Denhanud 474 Paskhas.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara.

Usai kegiatan ziarah, Kadispenau Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. mengungkapkan bahwa, ada wacana untuk mengubah nama Rumah Sakit Umum Sleman itu menjadi Rumah Sakit Profesor Doktor Abdurachman Saleh, hal ini sangat positif.

Kadispenau menjelaskan bahwa, seperti diketahui bersama Profesor Doktor Abdulrachman Saleh tidak hanya merupakan seorang pahlawan Angkatan Udara tapi juga merupakan seorang pionir dari Ilmu Faal. Bahkan, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) juga sudah menjadikan Abdulrachman Saleh sebagai salah seorang pahlawannya. Begitu juga dengan Radio Republik Indonesia (RRI).

“Memang beliau ini seseorang yang sangat luar biasa dan pada saat kejadian itu kebetulan Bapak Profesor Doktor yang saat itu berdinas di daerah Yogyakarta khususnya di Sleman ini sehingga kemudian ada keinginan untuk mengabadikannya”, jelas Kadispenau.

Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh adalah pendahulu TNI Angkatan Udara yang gugur pada peristiwa ditembakjatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Desa Ngoto sesaat setelah ditembak pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda pada tanggal 29 Juli 1947. Pesawat Dakota VT-CLA terbang dari Singapura menuju Pangkalan Udara Maguwo dengan membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia. Atas jasa-jasanya, Komodor Muda Udara A. Adisutjpto dan Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurrachman Saleh dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti ke-71 TNI Angkatan Udara.  Puncak acara peringatan dilaksanakan  tanggal 29 Juli 2018  dengan Upacara militer di Lapangan  Dirgantara, di  Akademi Angkatan Udara dan dilanjutkan acara Wisuda Purnapati.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kasau Pimpin Ziarah Peringatan ke-71 Hari Bakti TNI AU di Ngoto