Berita

KASAU RESMIKAN GEDUNG GRAHA ANTARIKSA DI RUSPAU HALIM

Dibaca: 32 Oleh 21 Mar 2012Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Kepala staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP. meresmikan penggunaan gedung Graha Antariksa sebagai Gedung Siaga Bencana, Rabu (21/3) di Lanud Halim Perdanakusuma yang di hadiri oleh Wakasau Marsdya TNI Dede Rusamsi, para Asisten Kasau, Dirjen bina upaya kesehatan kementerian kesehatan dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kasau mengingatkan kembali tentang undang-undangNO.34 tahun 2004 tentang TNI yang menjelaskan bahwa tugas pokok TNI adalah melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang. “Oleh karenanya keseluruhan sarana dan prasarana dan sistem manajemen rumah sakit pusat Angkatan Udara diarahkan untukmelaksanakan tugas tersebut ” tegas Kasau.

Dikatakan, tugas operasi militer selain perang pada dekade terakhir semakin meningkat terutama tugas membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. “Secara georafis Indonesia rawan terhadap bencana oleh sebab itu kita butuh dukungan fasilitas yang memadai dan siap digunakan”, ujar Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat.

Lebih lanjut Kasau mengatakan bahwa Lanud Halim memiliki lokasi yang sangat strategis dan didukung sarana transfortasi udara yang sangat memadai sehingga sering dijadikan pos utama penanggulangan bencana , dengan demikian rumah sakit RUSPAU dr. Esnawan Antariksa dapat mendukung kegiatan kemanusian dengan baik dan lancar.

Selain peresmian gedung Graha Antariksa, RUSPAU mendapat pula sertifikata kreditasi tipe “B” dari menteri kesehatan hal ini adalah prestasi untuk terus meningkatkan pengabdian dan pelayanan yang tinggi. “Janganpernah berhenti memberikan yang terbaik, sehingga keberadaan rumahsakit ini benar-benar dirasakan manfaatnya” harap Kasau kepada KepalaRUSPAU dan seluruh personelnya.

Sementara itu dalam sambutan tertulisnya Menteri Kesehatan RI yang dibacakan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan dr.Supriyantoro, Sp.P, MARS mengingatkan bahwa rumah sakit adalah salah satu fasilitas pelayanan kesehatan dan merupakan bagian dari sumberdaya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan.

Selain ujung tombak pelayanan kesehatan bagimasyarakat di Indonesia sangat tergantung pada kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sedangkan dari Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara Marsma TNI dr. Bambang Yudadi, S.pB mengatakan, RUSPAU Angkatan Udara sangat siap dalam membantu dan menghadapi bencana alam dan pengobatan lainnya karena kesiapan pengobatan cukup tersedia,sumber daya kesehatan mumpuni dan komunikasi antara institusi sudah berjalan dengan baik.

Pada bagian lain Kepala Ruspau TNI Angkatan Udara Kolonel Kes dr. Benny TumbelakaSp.OT,MH,Kes mengatakan , dengan diresmikannya Gedung Siaga Bencanaini, RUSPAU dr. Esnawan Antariksa semakin siap dalam melaksanakan OMSP(Operasi Militer Selain Perang-red) yang salah satunya adalah penanggulangan bencana”.  Harapan kami dengan penerimaan 3 Sertifikat yaitu : Penetapan Klasifikasi RSU Tipe B Kemkes RI, Surat Ijin Operasional serta Sertifikat Akreditasi 12 pelayanan ini, merupakan salah satu buktikomitmen seluruh anggota RUSPAU dr. Esnawan Antariksa untuk terusmeningkatkan pelayanan menuju 3 Zero (Zero Payment, Zero Complaint, Zero Accident).

”Tidak ada diskriminasi Kopral atau Jenderal, semua harus dilayani dengan baik secara semaksimal yang dapat dilakukan”. tegasnya, dalam melaksanakan pelayanan.  Demikian pula terhadap masyarakat umum yang sehari-hari dilayani hampir 50% dari jumlah pasien rawat jalan) bahkan di unit Hemodialisa(saat ini terbesar seluruh Indonesia-red) dengan 52 mesin hampir 60% untuk melayani masyarakat umum.

Baca juga:  TURNAMEN BOLA BASKET DANLANUD HUSEIN CUP

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel