Berita

Kasau resmikan Heritage Komlek di Museum TNI AU Dirgantara Mandala

Kasau resmikan Heritage Komlek di Museum TNI AU Dirgantara Mandala
#TNIAU 

YOGYAKARTA, ADI SUTJIPTO.   Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., M.M meresmikan Heritage Komlek yang berada di gedung Boedihardjo, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Selasa (19/3).

Hadir dalam kesempatan peresmian tersebut para pejabat Mabesau, Danlanud Adisutjipto, Wagub AAU, Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito, para Dansathar dan para Kepala Museum di Yogyakarta.

Dalam Sambutannya, KSAU berharap benda-benda yang memiliki nilai sejarah bagi TNI AU dan bangsa Indonesia agar dirawat dan dilestarikan. Di samping untuk melengkapi koleksi Muspusdirla, dapat pula menjadi wahana pembelajaran dan penelitian bagi generasi muda, khususnya tentang sejarah perkembangan TNI Angkatan Udara.

Atas prakarsa Kasau benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Komunikasi elektronika tersebut agar dirawat dan dilestarikan untuk melengkapi koleksi Muspusdirla. Gedung ini mulai direnovasi pada tanggal 1 November 2018. Memiliki luas bangunan 330 m2 dan merupakan bagian dari museum Dirgantara Mandala, yang pernah dipakai sebagai markas Paskhasau dan kantor staf Muspusdirla.

Marsdya TNI (Pur) Boediarjo merupakan salah satu tokoh yang sangat berperan pada masa perjuangan tahun 1949. Sebagai Kepala Perhubungan AURI, dengan 39 stasiun udara saat itu beliau memberikan andil dalam merebut dan mempertahankan NKRI. Dalam perjuangan kemerdekaan, Komlek memiliki peranan yang sangat penting. Stasiun radio jawatan perhubungan Angkatan Udara menjadi andalan para pejuang untuk bertukar berita antar daerah hingga keluar negeri.

Koleksi yang terdapat di Muspusdirla diantaranya Profil Marsdya TNI (Pur) Boedihardjo, Radar Pesawat, simulator F5-E, Weapon Control System Trainer F5-E, Oscillocope, PABX Telephone, Mesin Telegram, Stensill, Tacan An/Trn dan alat-alat elektronika lainnya.

IMG-20190320-WA0144 IMG-20190320-WA0146

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel