Berita

KASAU RESMIKAN LANUD ROESMIN NURJADIN

Dibaca: 43 Oleh 01 Okt 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Imam Sufaat, S. IP meresmikan penggantian nama Pangkalan TNI AU Pekanbaru menjadi Lanud Roesmin Nurjadin yang ditandai dengan penandatanganan Batu Prasasti dan pembukaan selubung nama Lanud yang sebelumnya Lanud Pekanbaru Menjadi Lanud Roesmin Nurjadin. Pada acara peresmian tersebut Kasau didampingi Pangkoopsau I, Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito serta Komandan Lanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Bowo Budiarto, S.E, Jumat (28/9). Tonggak dasar peresmian nama Lanud Roesmin Nurjadin tersebut berdasarkan Perkasau Nomor 40/V/2012 tanggal 22 mei 2012 tentang pergantian nama Pangkalan TNI Angkatan Udara Pekanbaru menjadi Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin

Dalam sambutannya Kasau menyampaikan bahwa pergantian nama Lanud Pekanbaru menjadi Lanud Roesmin Nurjadin merupakan bentuk penghargaan sekaligus mengenang para pahlawan TNI Angkatan Udara yang turut berjuang untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Beliau adalah sosok yang patut diteladani oleh generasi selanjutnya dalam mengharumkan nama bangsa”, demikian disampaikan Kasau.

Marsekal TNI (Purn) Roesmin Nurjadin adalah tokoh TNI Angkatan Udara yang pernah ikut serta dalam Operasi Tegas, yaitu operasi mengambil alih Pangkalan Udara Simpang Tiga di Pekanbaru, dari tangan pemberontakan PRRI/Permesta pada tahun 1958 di Sumatera. Penerbang jet AURI pertama ini telah berhasil menghancurkan bunker dan pesawat milik angkatan udara revolusioner. “Atas jasa-jasanya dalam berjuang membela dan mempertahankan NKRI tersebut, maka pemerintah memberikan penghargaan terhadap beliau dan menabalkan namanya, saat ini nama Lanud Pekanbaru telah resmi diganti menjadi Lanud Roesmin Nurjadin.

Baca juga:  Apresiasi untuk Petinju TNI AU Pratu Ongen Saknosiwi

Meskipun dilaksanakan dalam suasana sederhana, hal tersebut tidak menyurutkan kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia peresmian Nama Lanud Roesmin Nurjadin. Kedatangan Kasau dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ny. Maya Imam Sufaat beserta rombongan tersebut disambut langsung oleh Danlanud Pekanbaru dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 12/D.I Lanud Pekanbaru, Ny. Bowo Budiarto beserta para Pejabat, Komandan Satuan, Perwira di jajaran Lanud Roesmin Nurjadin setingkat Kasi keatas serta para Muspida Tingkat I dan II se-Provinsi Riau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel