TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kasau Resmikan Monumen Pesawat Tempur MiG-17F Di Lanud Sultan Hasanuddin

_KOP4222

TNI AU. Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM didampingi Pangkoopsau II Marsda TNI Fajar Prasetyo, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto,SE serta beberapa pejabat teras TNI Angkatan Udara meresmikan monumen pesawat tempur jenis MiG-17 Fresco di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (30/5). Monumen yang berada tepat di Area Simpang Lima lampu merah arah Bandara Sultan Hasanuddin itu, diawali dengan  penandatanganan prasasti sekaligus penekanan tombol sirine, dan diikuti dengan pelepasan sepasang burung merpati putih.

Monumen pesawat tempur Mig-17 fresco dengan tail number 1126 berdiri megah tepat diarea simpang lima arah pintu masuk ke Lanud Sultan Hasanuddin, juga dilengkapi dengan patung sosok ksatria penerbang TNI Angkatan Udara yang sengaja diabadikan untuk mengenang perjuangan TNI Angkatan Udara dalam merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TNI Angkatan Udara telah menorehkan tinta emas dengan mengoperasikan MiG-17 varian Mig-17F dan Mig-17PF pada tahun 1961 yakni Skadron 11 Wing Ops 003 Lanuma Iswahjudi, Madiun, kemudian pada tahun 1962-1963 yang pada saat itu bertepatan dengan persiapan pelaksanaan Operasi Trikora dan berhasil merebut Irian Barat dari cengkeraman tentara Belanda. Terang saja, pihak Belanda tidak berani menghadapi kekuatan pesawat-pesawat tempur Indonesia TNI Angkatan Udara yang saat itu berada di urutan nomor 4 dunia.

Pada tahun 1963 pesawat tempur MiG 17 Fresco kemudian dimasukkan ke satuan Kohanud, dan pada tahun 1963-1965 kembali berhasil melaksanakan tugas Operasi Dwikora, hingga pada Monumen pesawat tempur MiG-17 F sengaja dibangun untuk mengenang kembali semangat perjuangan para ksatria TNI Angkatan Udara yang telah berhasil mempertahankan keutuhan NKRI terutama dalam merebut Irian Barat pada Operasi Trikora, serta diharapkan bisa menjadi semangat yang inspiratif para generasi muda penerus bangsa untuk mewarisi nilai-nilai perjuangan para pahlawan pendahulu kita.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kasau Resmikan Monumen Pesawat Tempur MiG-17F Di Lanud Sultan Hasanuddin