BeritaBerita Kotama

Kasau Resmikan Pengantian Nama Lanud Timika Menjadi Lanud Yuhanis Kapiyau.

Dibaca: 1057 Oleh 26 Jul 2018Tidak ada komentar
Kasau Resmikan Pengantian Nama Lanud Timika Menjadi Lanud Yuhanis Kapiyau.
#TNIAU 

TNI AU.  Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M meresmikan perubahan nama tiga Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU di Papua, Wilayah Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III di Biak, Provinsi Papua, Kamis (26/7) hari ini.

Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M  mengatakan, perubahan nama Lanud dilakukan secara bertahap di tiga wilayah operasi TNI AU mulai dari Koopsau I yang bermarkas di Halim Perdanakusumah, Jakarta, Koopsau II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan, dan terakhir Koopsau III yang baru dibentuk 2018 bermarkas di Biak, Papua.

“Perubahan nama ini sudah kita rencanakan dari jauh hari sebelumnya, secara bertahap. Kami sudah melalui berbagai macam kajian akademis, dan juga mempertimbangkan berbagai hal salah satunya adalah kearifan lokal,” kata Marsekal Yuyu Sutisna, S.E, M.M di Biak, Kamis.

Kasau mengemukakan, pemilihan nama pangkalan udara khususnya di wilayah Papua mengutamakan nama para pejabat dan pahlawan yang berjasa, baik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maupun kepada TNI khususnya angkatan udara.

Baca juga:  Pergantian Danskadik Beri Suasana Segar, Dinamis dan Penuh Inovasi

“Kami mencari (sejarah para pahlawan), melakukan kordinasi dengan pemerintah daerah, juga dengan pihak keluarga, sehingga kemudian diputuskanlah nama-nama tersebut,” tutur , Kepala Staf Angkatan Udara ke-20.

Menurut Kasau, para pejabat dan pahlawan yang diabadikan dan menjadi identitas tiga pangkalan udara militer tersebut, tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi daerah, terutama bagi kelurga dan masyarakat asli setempat.

“Sehingga harapan kami adalah masyarakat setempat di daerah juga memiliki kebanggan terhadap pangkalan udara, turut membangun sehingga ke depan pangkalan menjadi besar dan dalam melaksanakan tugasnya tidak ada suatu kendala apapun,” pungkasnya.

Tahun ini, delapan Lanud di tiga wilayah operasi TNI AU berubah nama berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M Nomor Kep/660/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018 tentang Penggantian Nama Pangkalan TNI AU.

Adapun tiga Lanud berubah nama di wilayah Koopsau III, terdiri dari Lanud Timika menjadi Lanud  Yohanis Kapiyau (YKU), Lanud Jayapura menjadi Lanud  Silas Papare (SPR) dan Lanud Merauke Menjadi Lanud Johannes Abraham Dimara (DMA).

Baca juga:  Ceramah Hukum di Wingdikum

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel