Berita

Kasau Resmikan Pengoperasian Skadron Udara 16

By 04 Dec 2014 No Comments
emb-314
#TNIAU #TNI-AU

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia meresmikan pengoperasian Skadron Udara 16 dalam upacara yang dilaksanakan di Apron Skadron Udara 16, Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (3/12)

Peresmian pengoperasian Skadron Udara 16 ini ditandai dengan penekanan sirine yang dibarengi dengan terbukanya papan nama dan logo Skadron Udara 16 yang berada di Hanggar dan Shelter Skadron Udara 16 dan dilanjutkan dengan pemotongan pita di depan gerbang Hanggar Skadron Udara 16.

Pada kesempatan tersebut Kasau menyampaikankan bahwa, ditempatkannya Skadron Udara 16 dengan alutsista pesawat tempur F-16 ini dinilai sangat tepat, mengingat Riau berada pada posisi yang sangat strategis dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan wilayah udara bagian barat Indonesia.

“Salah satu faktor ditempatkannya Skadron Udara 16 di wilayah Riau, karena letaknya yang berada pada posisi yang strategis untuk mengamankan kedaulatan wilayah udara Negara kita,” kata Kasau, Marsekal TNI Ida bagus Putu Dunia dalam sambutannya.

Dijelaskan, saat ini Skadron Udara 16 diperkuat dengan 5 unit pesawat tempur F-16 dari 24 unit pesawat yang akan datang secara bertahap dari Amerika Serikat. Ke-24 pesawat tempur Multi Role ini akan ditempatkan di Lanud Rsn sebanyak 16 unit sedangkan 8 unit lainnya akan menambah kekuatan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Dengan telah diresmikannya pengoperasian Skadron Udara 16 ini, maka Lanud Roesmin Nurjadin saat ini diperkuat dua Skadron Udara tempur, yakni Skadron Udara 16 dan Skadron Udara 12 yang mengawaki pesawat tempur Hawk 100/200.

Pada peresmian pengoperasian Skadron Udara 16 ini, juga dilaksanakan acara tradisi Adat Melayu “Tepuk Tepung Tawar” yang didampingi oleh Ketua Lembaga Adat Melayu, Tenas Efendi. Pelaksanaan Tepung Tawar tersebut diawali Kasau dan diikuti secara bergantian oleh seluruh pejabat, pada pesawat F-16 yang berada di hanggar Skadron Udara 16.

Hadir pada acara peresmian ini, para Asisten Kasau, Pangkoopsau I Marsda TNI Agus Dwi Putranto dan sejumlah pejabat tinggi Mabesau lainnya seta pejabat sipil dan militer yang ada di Provinsi Riau.

Leave a Reply