Berita

Kasau Resmikan Simulator di Muspusdirla

Dibaca: 472 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat, Minggu (29/7) meresmikan dua simulator pesawat P-51 Mustang di Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Yogyakarta. Peresmian dua simulator pesawat P-51 Mustang melengkapi koleksi museum kebanggaan warga TNI Angkatan Udara itu.

Dipilihnya simulator pesawat P-51 Mustang, menurut Kepala Staf, karena pesawat tempur buatan Amerika Serikat itu memiliki catatan sejarah dalam perjuangan mempertahankan NKRI, di samping pesawat yang terkenal dengan sebutan “Si Cocor Merah” ini pernah menjadi alutista TNI Angkatan Udara yang sangat handal di era tahun 1950-an.

Kepala Staf menjelaskan, ide penempatan simulator pesawat P-51 Mustang, berawal dari keinginannya untuk menjadikan Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah saja, namun lebih dari itu, museum dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan dan wahana hiburan bagi masyarakat.

Dua simulator pesawat P-51 Mustang ini merupakan produk dalam negeri, yang dirancang untuk dapat simulasi terbang formasi, aerobatic dan dog fight. Cockpit simulator pesawat P-51 Mustang dirancang sesuai dengan pesawat aslinya, sehingga apabila mencoba simulator ini, seolah-olah menerbangkan pesawat P-51 Mustang yang sesungguhnya.

Kepala Staf berharap, dengan adanya simulator pesawat P-51 Mustang akan menambah daya tarik Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala sebagai tujuan wisata edukasi, di samping sebagai upaya TNI Angkatan Udara untuk mengenalkan dan meningkatkan minat dirgantara kepada generasi penerus.

Baca juga:  Wasrik Itjenau di Lanud Rsn

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel