Berita

Kasau: Besarnya Dampak Cyber Attack terhadap Digital Failure Organisasi

KASAU: Semakin besar dampak cyber attack terhadap digital failure yang dapat menghancurkan organisasi
#TNIAU 

TNI AU. Sebagai garda terdepan bangsa Indonesia, TNI Angkatan Udara harus mampu melihat berbagai permasalahan dari berbagai sudut pandang, kata Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Mayor Lek Jamung Barkah pada pelaksanaan upacara 17-an di lapangan Mako seluruh Prajurit Lanud Maimun Saleh dan Satuan Radar 233, (Satrad 233),  Senin ( 17/2).

Selain melihat permasalahan ini dari sudut pandang pertahanan, TNI AU harus mampu menyiapkan worst-case scenario yang mungkin timbul dari berbagai issue tersebut.

Isu pertama adalah global warming yang mengakibatkan climate change, sehingga bencana alam semakin rentan terjadi. Kondisi ini menjadi semakin parah, khususnya bagi negara yang berada di kawasan Pacific Ring of Fire seperti Indonesia.

Isu kedua adalah yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital, informasi, dan komunikasi yang menjadi kebutuhan esensial. Namun demikian, perkembangan ini akan berubah menjadi teknologi yang disruptif, mana kala organisasi tidak mampu memanfaatkan teknologi dengan tepat. Semakin dunia bergantung pada teknologi digital, maka semakin besar dampak cyber attacks terhadap digital failure yang dapat menghancurkan organisasi. Tidak ada cara lain, selain totalitas TNI Angkatan Udara untuk mengambil manfaat dari teknologi tersebut. Untuk itulah, pengembangan kekuatan alutsista udara ke depan menitikberatkan pada platform-centric, melainkan network-centric. Termasuk juga rencana pembentukan Satuan Cyber, yang salah satu tugasnya adalah untuk meningkatkan cyber awareness para prajurit TNI Angkatan Udara, sehingga dapat membendung dampak negatif dari teknologi tersebut.

Baca juga:  Peringati Hut TNI AU ke-72, Sathar 23 Gelar Donor

KASAU: Semakin besar dampak cyber attack terhadap digital failure yang dapat menghancurkan organisasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel