Berita

KASAU : SOLIDARITAS DAN NASIONALISME TIDAK BERSIFAT KEDAERAHAN

Dibaca: 65 Oleh 17 Agu 2013Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kemerdekaan Indonesia diraih dengan susah payah dan untuk mewujudkannya melalui pengorbanan nyawa, harta dan tetesan darah dari para patriot Tanah Air, selain itu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menunjukkan bahwa perjuangan merebut kemerdekaan merupakan sikap solidaritas dan nasionalisme dari seluruh komponen bangsa sehingga arah perjuangan bangsa tidak bersifat kedaerahan.

Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68, yang dibacakan Koorsahli Kasau Marsda TNI Sru Astjahyo Andreas di Mabesau Cilangkap, Sabtu (17/8).

Dikatakan, salah satu benang merah dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan adalah keberadaan jiwa nasionalisme dan rela berkorban demi tanah air dari para pejuang. Sebagai generasi penerus, kita tentunya memberikan penghormatan yang tinggi terhadap para Founding Fathers dan pejuang bangsa, yang saat itu sudah memiliki semangat dan jiwa yang tulus dan rela berkorban.

Dalam era sekarang sikap nasionalisme dan rela berkorban, yang telah diteladankan para pejuang, harus senantiasa terpatri di dada setiap generasi penerus anak bangsa.

Baca juga:  Penutupan Pelatihan Bela Negara SMKP Raden Intan di Lanud BNY

Implementasi dari sikap nasionalisme dan rela berkorban terhadap negara dan bangsa, diharapkan tidak sekadar wacana dan debat pendapat yang hanya memperkeruh suasana ketatanegaraan sehingga menyebabkan institusi ditingkat nasional maupun daerah ragu dalam bersikap dan bertindak, jelas Kasau.

Sebagai anak bangsa kita merasa prihatin, ungkap Kasau, ditengah dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara masih ada komponen bangsa yang menginginkan daerah atau wilayahnya lepas dari NKRI.

Untuk mengeliminir keinginan tersebut, harus ada langkah konkrit dari setiap komponen bangsa dalam tindakannya, bukan hanya sekadar wacana dan mementingkan kelompoknya. Dalam situasi apapun, semangat nasionalisme harus tetap tertanam dalam jiwa seluruh anak bangsa sehingga negara Indonesia tetap berdiri kokoh dan sejajar dengan bangsa lain.

Kasau mengingatkan, personel TNI Angkatan Udara harus senantiasa ingat kepada para pelopor, pejuang dan senior TNI Angkatan Udara yang telah meletakkan dasar-dasar perjuangan Angkatan Udara. Kita harus meyakini bahwa apa yang telah dilakukan para pejuang, pelopor dan senior TNI Angkatan Udara adalah yang terbaik bagi Angkatan Udara.

Baca juga:  PEMBEKALAN DISAERO TNI AU

Semangat patriotisme yang selama ini telah ditunjukkan para pendahulu TNI Angkatan Udara dimasa lalu, jangan sampai luntur bagi generasi Angkatan Udara dimasa kini dan nanti. Semangat patriotisme ini harus menyertai setiap langkah seluruh generasi penerus Angkatan Udara yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai bidang profesinya masing-masing.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel