TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kasau: Safety Berawal Dari Kesamaan Komitmen

By 29 Mar 2018Berita
42efe80a-f3d5-40f4-a7a8-ab0351df024f

 

TNI AU.   Pekanbaru – Dispenau (23/3). Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. kembali menegaskan tentang pentingnya membangun safety culture di lingkungan TNI AU.

Dalam pandangan Kasau, konsep safety di TNI AU harus diawali adanya kesamaan komitmen mulai level teratas hingga bawah.

Menurut orang nomor satu di TNI AU ini, hal lain yang juga penting diperhatikan dalam membangun safety culture adalah kemampuan prajurit mengenali risiko safety dan mempertahankan keseimbangan kebutuhan operasional untuk melakukan pencegahan terjadinya accident. Selain itu harus selalu berpedoman pada safety management system melalui risk management yang telah ditetapkan dan dipedomani.

“Semua pihak harus memegang teguh komitmen tersebut, risiko harus dikelola dengan baik dan laksanakan mitigasi secara berkesinambungan serta internalisasi untuk mencapai target safety performance” kata Kasau.

Kasau menyampaikan pernyataan tersebut dalam kegiatan sosialisasi Strategi Membangun Safety Culture dalam rangka Mencapai Zero Accident kepada Air Crew dan Ground Crew jajaran Koopsau l di Skadron Udara 16, Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Pekanbaru, Kamis (29/3).

Beberapa video tentang accident yang terjadi baik di internal TNI AU dan beberapa penerbangan di dalam maupun luar negeri dibahas oleh Kasau sebagai pembelajaran bagi para penerbang dalam melaksanakan tugas penerbangan, sehingga tidak mengalami kejadian yang sama.

Dalam pengarahannya yang dihadiri oleh 143 anggota di jajaran Koopsau l, Kasau didampingi para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau l, Dankoharmatau, Dankorpaskhas, beberapa Kadis jajaran Mabesau serta Komandan Lanud Roesmin Nurjadin.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kasau: Safety Berawal Dari Kesamaan Komitmen