Berita

KASAU : TIDAK TERJADINYA ACCIDENT DALAM 2010

Dibaca: 18 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Beberapa sasaran pembinaan telah ditetapkan dan harus diketahui serta dijiwai oleh setiap insan Angkatan Udara, sasaran pembinaan jangka pendek adalah tidak terjadinya Accident dalam tahun 2010, sedangkan jangka panjang menjadikan TNI Angkatan Udara sebagai The First Class Air Force.

 

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., dalam sambutannya pada acara serah terima jabatan Kepala Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Kadislambangjaau) dari Marsma TNI I Wayan Suwitra kepada Kolonel Pnb. MZ. Djamhari, di Mabesau Cilangkap, Rabu (14/4).

 

Dikatakan, untuk mewujudkan sasaran tersebut, telah ditetapkan langkah-langkah strategis yang harus dipatuhi oleh setiap pelaku di lapangan yaitu Road Map to zero Accident yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan secara konsisten.

 

Keselamatan terbang dan kerja merupakan harga mati yang harus senantiasa dipelihara dalam setiap pelaksanaan tugas. Oleh sebab itu, TNI Angkatan Udara harus mampu mewujudkan budaya safety sebagai nafas pengabdiannya. “Kita harus mengasah rasa kepedulian dan kepekaan terhadap hal-hal berkaitan dengan incident maupun accident potencial yang ada di sekeliling lingkungan kita”, tegas Kasau.

Baca juga:  Peringatan Nuzulul Qur’an di Lanud Tanjungpinang

 

Menurutnya, sebagai front liner pelaksana dibidang keselamatan bagi semua kegiatan operasi dan pendukungnya, maka personel Dislambangja harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan secara komprehensif. Semua upaya dalam bidang keselamatan akan bermuara pada upaya pencegahan terjadinya kecelakaan, baik yang menimpa alutsista maupun personel sehingga mampu mewujudkan kesiapan operasional yang tinggi.

 

Operasional penerbangan, lanjutnya, tidak mungkin akan terlepas dari resiko, tetapi resiko tersebut jika gagal dikelola akan menimbulkan potensi terjadinya incident atau accident yang secara langsung akan mengurangi kesiapan operasi. Adanya incident atau accident berdampak pada berkurangnya kemampuan alutsista dalam mendukung pelaksanaan tugas. Untuk itu kondisi yang aman dan selamat sangat didambakan sehingga dapat mewujudkan kesiapan operasional TNI AU yang tinggi serta mampu mewujudka “zero accident”, tegas Kasau.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel