Berita

Kasau : TINGKATKAN TERUS KEMAMPUAN OLAH PIKIR PRAJURIT

Dibaca: 7 Oleh 18 Sep 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP minta agar seluruh prajurit TNI AU, khususnya pada level perwira untuk terus melakukan olah pikir melalui budaya tulis menulis.  Menurut orang nomor satu di TNI AU itu, budaya tulis harus menjadi bagian dari kinerja prajurit TNI AU, mengingat TNI AU merupakan matra bercirikan padat materiil dan berbobot teknologi tinggi.    

”Saya himbau para perwira TNI AU untuk terus meningkatkan olah pikir dan tradisi penguasaan teknologi sebagai ciri khas matra udara yang padat  matrial  dan teknologi tinggi” kata Kasau dalam amanat tertulis pada upacara bendera tujuh belasan dan menyambut Idul Fitri 1431 di Makoopsau II yang dibacakan Pangkoopsau II Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agus Munandar, Jumat (17/9).  Pada upacara bendera yang diwarnai dengan pengucapan Sapta Marga, Pembacaan Pembukaan UUD ’45 dan pembacaan Panca Prasetya Korpri itu, diikuti eluruh warga makoopsau II

Namun demikian, Kasau menggaris bawahi kalau budaya olah pikir bagi prajurit, termasuk kegiatan menyampaikan ide, dan pemikiran sudah ada mekanismenya.  Dikatakan, dalam tradisi keprajuritan secara universal, ada kaidah-kaidah yang harus dipenuhi dalam menyalurkan ide, gagasan dan pemikirannya, yaitu  peraturan  perundang-undangan yang berlaku dan kode etik keprajuritan. Dalam tata kehidupan sebagai prajurit TNI, menurut Kasau koridornya sudah jelas yaitu UUno. 34 tahun 2004 tentang TNI, Sapta Marga dan Sumpah   Prajurit serta 8  Wajib   TNI.

Baca juga:  Pengarahan Wadan Kodikau

”Bagi personel yang ingin menyalurkan ide, gagasan dan pemikiran yang bersifa  kritik, masih  diberikan ruang pada  mimbar  akademik, yaitu pendidikan Sesko angkatan, Sesko TNI dan Lemhannas.   Sedangkan kritik secara terbuka baik secara organik maupun berskala nasional tidak dibenarkan sama sekali” pungkas Kasau sembari menambahkan bagi prajurit yang ingin menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan, agar disalurkan dalam terbitan Dispenau berupa buku Angkasa Cendikia maupun majalah Suara Angkasa yang diterbitkan secara periodik.  Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo, S.IP menginformasikan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel