TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

KASAU TINJAU KESIAPAN SKADRON F-16

By 20 Mar 2014Berita
2015-06-02_00002

Delapan pesawat F-16 diharapkan sudah datang tahun ini di Indonesia sebelum HUT TNI 5 Oktober, kedatangannya secara bertahap hingga selesai renstra kedua menjadi satu skadron dengan 16 pesawat. Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia kepada Wartawan saat kunjungan kerjanya di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (19/3).

Dikatakan, kunjungan ini bertujuan untuk melihat kelapangan apa yang menjadi kebijakan di Mabesau bisa terealisasi sesuai dengan kebijakan tersebut, seperti pembangunan alutsista, perawatan alutsista apa sudah sesuia dengan direncanakan demikian juga fasilitas pembangunan Skadron, sehingga perencanaan untuk menempatkan Skadron 16 di Pekanbaru sudah sesuai dengan rencana.

Terkait pencarian pesawat Malaysia MAS MH-370, TNI Angkatan Udara tetap melakukan pencarian dan menunggu kepastian lokasi dimana kita mendapat tugas itu, sesuai yang disampaikan Perdana Menteri Malaysia pencarian diarahakan sampai Samudra Hindia hingga ke selatan yang tugasnya akan diserahkan kepada Indonesia dan Australia.

Untuk pencarian langsung TNI AU pesawat menggunakan Boeing 737-200 Intai Strategi Skadron Udara 5, namun dengan penempatan enam pesawat F-16 di Lanud Soewondo Medan, yang sedang melaksanakan Latihan Cakra sekaligus memanfaatkan kondisi yang ada melakukan searching tempat-tempat yang mereka dilewati, ujar Kasau.

Dalam pengarahannya di Lanud Roesmin Nurjadin dan Lanud Palembang Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia selalu menekankan tentang netralitas TNI AU dalam pelaksanaan Pileg maupun Pilpres 2014. “Netralitas harus benar-benar dikawal oleh Lanud-Lanud agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik”, pinta Kasau.

Terkait Keselamatan Terbang dan Kerja harus mencapai zero accident, untuk itu harus selalu check and recheck sebelum pelaksanaan tugas dengan fungsi kontrol harus selalu dilaksanakan.

Sementara terkait dengan pengamanan asset, yang sudah sertifikat dapat segera dimanfaatkan, baik dikerjasamakan maupun kelola sendiri. Sedangkan yang masih dikuasai masyarakat dapat diselesaikan dengan baik melalui kerohiman maupun melalui jalur hukum dan jangan membuat permasalahan baru. Harap Kasau.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

KASAU TINJAU KESIAPAN SKADRON F-16