Berita

Kasau : Tradisi, Integritas, Karakter dan Kejuangan Adalah Dasar Utama Pendidikan Akademi Angkatan Udara

Dibaca: 30 Oleh 12 Jun 2017Tidak ada komentar
Kasau : Tradisi, Integritas, Karakter dan Kejuangan Adalah Dasar Utama Pendidikan Akademi Angkatan Udara
#TNIAU 

TNI AU, AAU- Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S,IP. memberikan pengarahan kepada seluruh Taruna/Taruni AAU bertempat di Gedung Sabang Merauke AAU, Sabtu (10/6).

Dalam awal pembekalannya Kasau menyampaikan tentang kilasan sejarah Patung Dirgantara bahwa dalam sejarah Bung Karno memanggil pematung Edi Sunarso. Presiden Soekarno menyampaikan bahwa “Saya ingin memberikan hadiah kepada para prajurit terbaik Angkatan Udara karena berhasil melaksanakan operasi Trikora yaitu berbentuk patung pria yang gagah perkasa yg seolah olah akan terbang, satu kaki menapak di bumi dan satunya tengah bersiap untuk terbang ke langit”. Dalam proses pengerjaannya terdapat kekurangan dana dan diperintahkan untuk menjual mobil presiden untuk menambah dana pembuatan patung dirgantara. Nilai kepemimpinan nasional itulah yg harus diteladani bagaimana seorang pemimpin begitu menghargai perjuangan prajurit khususnya TNI AU dan rela mengorbankan harta yang dimiliki. Bung Karno sangat bangga terhadap TNI AU dimana saat itu berhasil mengembalikan Irian Barat ke pangkuan NKRI dan merupakan kekuatan Angkatan Udara yang disegani di Asia Tenggara. Kebanggaan lain yang harus kita maknai yaitu pada 9 April Presiden Soekarno memberikan panji Swa Bhuana Paksa kepada TNI AU yang sekaligus dijadikan sebagai Hari Lahir TNI AU.

Baca juga:  Personel Kosekhanudnas III Asah Kemampuan dalam Latihan Menembak

Kasau juga menambahkan bahwa Tanah Air kita terdiri dari 1/3 daratan 2/3 lautan dan 3/3 udara. TNI Angkatan Udara harus memiliki deterent power yang tinggi dan dominan dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI. Hal tersebut diwujudkan dengan kondisi yg sekarang dimana TNI AU sedang melaksanakan pembangunan renstra yaitu pengganti pesawat tempur, Helikopter, Radar,dan alutsista lainnya.

Kasau berpesan kepada para Taruna/ Taruni selaku penerima estafet kepemimpinan TNI AU bahwa untuk berhasil dalam karir dan tugas maka para Taruna harus memiliki kebanggaan dan integritas. Pendidikan dan pengembangan Sumber daya manusia melalui Akademi Angkatan Udara yang diwujudkan dalam falsafah pendidikan Dwi Warna Purwa Cendekia yaitu menyangkut pembangunan karakter dan nilai kejuangan. Implementasinya adalah Tri Sakti Viratama yaitu Tanggap, Tanggon, Trengginas.

Kepintaran tanpa jiwa ksatria maka tidak bertanggungjawab. Pintar tanpa jiwa militan akan mudah menyerah. Kepintaran tanpa loyalitas kita akan menjadi desertir, dan kepintaran tanpa profesional maka tugas tidak terlaksana dengan baik. Implementasikan terus nilai nilai kebersamaan serta Asah Asih dan Asuh untuk mewujudkan kehidupan Wingkorpstar yang harmonis, tegasnya .

Baca juga:  Perwira Lanud El Tari Ujian P2BS

Hadir dalam kegiatan pengarahan Kasau Gubernur AAU Marsda TNI Iman Sudrajat, SE, Para Asisten Kasau, Para pejabat Mabesau, Para Pejabat AAU,Dosen AAU Golongan IV serta segenap pengasuh.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel