Berita

KASAU TUTUP ANGKASA YUDHA 2007

Dibaca: 7 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Latihan Puncak TNI Angkatan Udara Angkasa Yudha 2007 resmi ditutup Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Herman Prayitno dengan ditanggalkan tanda peserta latihan Komando Latihan (Kolat) dan Pelaku, di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jatim. Senin (5/11).

 

Dalam sambutannya Kasau mengatakan “keberhasilan latihan, tidak terlepas dari kedisiplinan kita semua dalam melakukan pembinaan secara bertingkat dan berjenjang sesuai daur latihan yang telah diprogramkan, baik perorangan, satuan maupun antar satuan”, ujar Kasau.

 

Kasau menilai peserta Latihan Angkasa Yudha telah menunjukan kesungguhan, semangat dan disiplin tinggi. Kesungguhan, semangat dan disiplin lebih terasa dalam menguji Validasi dan Efektifitas doktrin yang sesuai dengan perkembangan dan hakikat ancaman yang dihadapi. Kondosi ini sungguh membanggakan kita semua sekaligus menaruh harapan besar bahwa tampilan Angkatan Udara dimasa yang akan datang akan semakin professional dalam melaksanakan tugas TNI Udara Udara.

 

Selama berlangsungnya latihan, mulai dari perencanaan hingga pengakhiran, apabila terdapat berbagai kendala-kendala termasuk dalam upaya mengaplikasikan teori kedalam praktekpenggunaan piranti lunak bidang operasi udara, diharapkan dapat diungkap pada saat dilaksanakan kaji ulang. Koreksi dari Pengawas Pengendali (Wasdal) dan Penilai serta tanggapan dan saran dari Pelaku serta Peninjau, diharapkan dapat menjadi masukan guna penyempurnaan latihan berikutnya.

Baca juga:  Prajurit Lanud Mus Laksanakan Tarawih Bersama

 

Latihan Angkasa Yudha merupakan akumulasi dari latihan-latihan perorangan, satuan, antar satuan yang melibatkan seluruh satuan tempur TNI Angkatan Udara seperti Penerbang, Pesawat Tempur, Angkut, Intai, Helicopter, Paskhasau, radar hingga yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan logostik. Angkasa Yudha kali ini memanfaatkan Tehnologi Informasi (TI), sehingga antara pelaku tidak bertemu langsung pada satu ruang komando, melainkan para pelaku berada di Pusat Komandao Penendali (Puskodal) satuan masing-masing yang terlibat diantaranya Komando Merah Koopsau I, Komando Biru Koopsau II, Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Atang Senjaya, Lanud Iswahjudi, Lanud Abdulrachman Saleh, Lanud Hasanuddin, Lanud Juanda serta Puskodal Mabesau.

 

Latihan yang melibatkan pertempuran Udara (Dogfight) antara pelaku merah dan biru, juga disimulasika penyerangan oleh pesawat temput kedaerah lawan dengan pengeboman dan penembakan roket oleh pesawat F-16 dan Hawk 109/209, serta peragaan SAR Tempur dari satuan Helikopter dan Paskhasau, juga penerjunan Satuan Tempur (Satpur) Paskhasau sebanyak empat ratus personel yang melibatkan delapan Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Baca juga:  LELANG TENDER BANGFAS DIPA 2012 DI IWJ

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel