Berita

Kasau : UNSUR MANUSIA MENENTUKAN KEBERHASILAN

Dibaca: 13 Oleh 25 Feb 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sumber daya manusia (SDM) merupakan unsur yang menentukan dalam keberhasilan tugas suatu organisasi, canggihnya Alutsista yang dimiliki, namun pada akhirnya unsur manusia jugalah yang menentukan keberhasilan tugas TNI Angkatan Udara sebagai organisasi militer. Oleh karena itu, TNI Angkatan Udara dituntut untuk dapat mewujudkan suatu tingkat kemampuan dan kesiapan operasional terutama menyangkut kesiapan personel.

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada pembukaan Rapat Koordinasi Personel (Rakornispers) TNI AU di Mabesau Cilangkap. Senin (24/2).

Dikatakan, Tanpa mengesampingkan peran dan fungsi bidang lain, bidang pembinaan personel dan tenaga manusia memiliki peran sentral dan strategis dalam suatu organisasi. Bidang pembinaan personel dan tenaga manusia merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara yang profesional, yang selama ini menjadi visi dan misi pimpinan TNI Angkatan Udara.

Mengingat pembinaan personel berbanding lurus dengan mekanisme hasil pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara selaku alat pertahanan negara di udara, maka personel berkualitas yang memiliki profesionalisme, loyalitas, integritas tinggi, serta landasan moral yang baik, dalam melaksanakan tugas merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi.

Baca juga:  Peringati Hari Bakti Ke-72 Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50 Karya Bakti di Dusun Gulon Jebres

Eksistensi suatu organisasi akan sangat bergantung pada kualitas personel yang mengawakinya, oleh karena itu prinsip the right man on the right place harus selalu menjadi dasar pertimbangan dan pemikiran dalam pembinaan personel. Prinsip ini harus benar-benar dilaksanakan, tidak hanya sekedar wacana saja tetapi harus dilaksanakan secara riil, ujar Kasau.

Pembinaan personel harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, dan sesuai dengan prosedur yang ada. Penyimpangan dalam melakukan pembinaan personel tentunya akan berakibat pada lemahnya organisasi, dampak yang sangat dirasakan yaitu tidak tercapainya tugas-tugas organisasi secara maksimal sehingga pada akhirnya akan merugikan institusi TNI Angkatan Udara.

Untuk itu diharapkan agar seluruh pembina personel selalu menyadari dan memiliki tanggung jawab moral dalam pelaksanaan tugasnya. Sebab tantangan tugas TNI Angkatan Udara dimasa depan akan semakin berat dan Dinamis, harap Kasau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel