Berita

Kasau : Upacara 17an Merupakan Tradisi Kejuangan yang Sangat Baik untuk Membangun Rasa Cinta Tanah Air.

Kasau : Upacara 17an Merupakan Tradisi Kejuangan yang Sangat Baik untuk Membangun Rasa Cinta Tanah Air.
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka upacara bendera 17an bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, Senin, (18/02) berlangsung aman, lancar dan tertib.

Danlanud Abd Saleh dalam membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S. E., M.M. mengatakan “Upacara tujuh belasan merupakan tradisi kejuangan yang sangat baik untuk membangun rasa cinta tanah air, menghargai semangat kepahlawanan serta memupuk jiwa kebangsaan yang tinggi. Selain itu, melalui upacara bulanan seperti ini, kita dapat berbagi informasi yang dianggap penting dan berguna, untuk menambah wawasan serta mengantisipasi hal-hal negatif yang dapat merugikan personel tni au maupun organisasi.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan “Situasi nasional saat ini masih diwarnai berbagai bentuk gangguan keamanan, konflik komunal yang terjadi baik karena kepentingan politik maupun yang bernuansa “sara”, peredaran narkoba, aksi terorisme dan gangguan ketertiban serta kerusuhan sosial sebagai dampak kesenjangan ekonomi dan bencana alam di daerah maupun masalah sosial lainnya yang harus diatasi secara tuntas. Ditambah lagi dengan makin meningkatnya suhu politik di negeri kita, karena tahun ini akan diselenggarakannya pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilu legislatif, sehingga situasi akan rentan terhadap berbagai bentuk gangguan keamanan dan konflik komunal karena kepentingan politik.

‘’Berkaitan dengan hal tersebut saya tekankan kembali bahwa netralitas tni adalah harga mati yang harus senantiasa kita junjung tinggi dan kita implementasikan mulai dari prajurit berpangkat terendah sampai tertinggi. Selainitu, kita harus menyadari dan memahami betul karakter dan jati diri tni dan pns tni, yang harus tetap berpegang teguh pada prinsip yang dilandasi dengan jiwa sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib tni dan panca prasetya korpri sehingga kita mampu berpijak pada posisi yang benar dan tidak terombang-ambing oleh berbagai kepentingan’’.tegas Kasau.

Sebelum mengakhiri sambutan Kasau menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas, yaitu :

Pertama. Tingkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas.

Kedua. Tingkatkan keselamatan terbang dan kerja dimanapun bertugas sehingga tercipta zero accident.

Ketiga. Pegang teguh komitmen TNI tentang netralitas TNI dalam pelaksanaan pilpres dan wapres serta pemilu legislati 2019.

Keempat. Tingkatkan disiplin, loyalitas, dedikasi, motivasi dan etos kerja untuk menjaga kesiapan dan kemampuan alut sista.

Kelima. Jaga soliditas antar satuan di TNI AU, TNI maupun Polri serta jangan sampai ada gesekan dengan masyarakat.

Keenam. Jangan terpengaruh isu atau propaganda yang menyesatkan sehingga menurunkan kredibilitas angkatan udara.

Ketujuh. Cegah dini dan tangkal dini setiap ancaman baik langsung maupun tidak langsung yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara RI.

Turut hadir pada acara upacara 17an para Kepala Dinas, Komandan Satuan, Pejabat Staf, perwira, bintara, tamtama dan PNS dijajaran Lanud Abd Saleh beserta Insub.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel