TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

KASAU WISUDA 303 D-3 POLTEKES TNI AU CIUMBEULEUIT

By 21 Sep 2012 09:14Berita
Mustangsatriamandala

Kasau marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., Wisuda 303 D-3 Politeknik Kesehatan (Poltekes) TNI AU Ciumbeuleuit tahun akademik 2011/2012 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB Bandung, Kamis (20/9).

Ke-303 wisudawan tersebut terdiri dari 145 Program Studi Keperawatan, 110 Program Studi Kebidanan dan 48 Program Studi Farmasi. 35 orang diantaranya adalah Bintara Kesehatan TNI AU yang mendapat bantuan beasiswa yang lulus dengan gelar Ahli Madya Keperawatan sesuai standar profesi.

Dalam amanatnya Kasau mengatakan, bahwa pemerintah berkeinginan agar tenaga kesehatan Indonesia tingkat kualifikasi yang dipenuhi minimal setingkat Ahli Madya (D-3), dikaitkan dengan kemajuan tehnologi kesehatan yang memerlukan sumber daya manusia berkualitas.

Adanya tuntutan setiap tenaga kesehatan secara bertahap harus disertifikasi oleh Badan Sertifikasi Kesehatan bekerjasama dengan Organisasi Profesi, kondisi ini mengidentifikasikan bahwa tenaga kesehatan yang lulus dari Poltekes TNI AU Ciumbeuleuit harus betul-betul professional.

Tenaga medis terutama perawat asal Indonesia diminati sejumlah negara, ujar Kasau, seperti Arab Saudi yang membutuhkan sekitar 20.000 tenaga perawat dari Indonesiabegitu juga Jepang, dimana ketertarikan negara-negara tersebut karena tenaga medis asal Indonesia sangat berkualitas.

Begitu pula tenaga bidan di Indonesia terutama di daerah-daerah tertentu masih minim pelayanan kesehatan sangat membutuhkan tenaga bidan yang terampil, tidak kalah pentingnya tenaga farmasi yang banyak dibutuhkan oleh industri farmasi, apotek dan rumah sakit di dalam dan luar negeri khususnya bagi lulusan yang siap pakai, jelas Kasau.

Direktur Poltekes TNI AU Ciumbeuleuit Drs. H. Budiman Zainuddin, M.M., mengatakan, Proses pendidikan tidak pernah akan berakhir, wisuda bukanlah akhir dari suatu perjalanan pendidikan, akan tetapi merupakan titik awal untuk menata kehidupan yang sebenarnya di masyarakat.

“Oleh kerenanya semua ilmu pengetahuan yang di peroleh dari Poltekes TNI Angkatan Udara Ciumbeuleuit, diharapkan digunakan sebagai modal dasar untuk melakukan pembelajaran sepanjang hayat”, harapnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASAU WISUDA 303 D-3 POLTEKES TNI AU CIUMBEULEUIT