Berita

KASUM TNI KUNJUNGI KOHANUDNAS

Dibaca: 17 Oleh 29 Apr 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo mengadakan kunjungan kerja di Makohanudnas, Jakarta, Kamis, ( 28/4). Kedatangan Kasum TNI beserta rombongan disambut Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray didampingi para Asisten Kohanudnas dan Kosekhanudnas I mewakili Pangkohanudnas. Turut dalam rombongan Kasum TNI Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI dan Waas Komlek Panglima TNI. Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk meninjau kesiapsiagaan operasional Kotama yang berada di bawah jajaran Mabes TNI, utamanya dalam menghadapi pelaksanaan KTT Asean ke-18 tahun 2011 di Jakarta. 

Kasum TNI beserta rombongan menerima paparan tentang tugas dan tangungjawab yang dilaksanakan oleh Kohanudnas beserta jajaran Kosekhanudnas yang disampaikan oleh Aspers Kas Kohanudnas Kolonel Pnb Abdul Sukur, dan Pabandya Ops Sops Kohanudnas Letkol Pnb Bambang Yuniar mengenai kesiapan Kohanudnas dalam mengamankan kegiatan KTT Asean ke-18 yang akan dilaksanakan bulan Mei mendatang. 

Pangkohanudnas Marsda TNI Eddy Suyanto, ST dalam sambutannya yang dibacakan Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaeruddin Ray, menyatakan bahwa Kohanudnas dalam melaksanakan tugas-tugas operasional membagi wilayah udara nasional dalam 4 (empat) komando Kosek Hanudnas sebagai spend of control Panglima Kohanudnas, yaitu : Kosek Hanudnas I Halim Perdanakusuma, Kosek Hanudnas II Makassar, Kosek Hanudnas III Medan, dan Kosek Hanudnas IV Biak serta Pusdiklat Hanudnas di Surabaya. Masing-masing Kosek Hanudnas mengoperasikan satuan radar yang tersebar di pelosok bumi persada nusantara sebagai “mata telinga“ yang dapat menjangkau luas dan ketinggian maksimal terhadap semua benda yang bergerak di udara seperti pesawat yang melanggar wilayah kedaulatan negara di udara atau peluru kendali yang diarahkan pada obyek vital nasional, akan dapat terdeteksi sebelum mengenai sasaran. 

Baca juga:  Upacara 17 An Dilanud Balikpapan

Pada kesempatan tersebut, Kasum TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo menegaskan bahwa dalam melaksanakan tugas hendaknya kita jangan berpegang dengan suatu hal yang biasa dilaksanakan, namun kita harus mempunyai prinsip, tekad dan semangat bahwa sebagai prajurit sudah biasa melaksanakan setiap tugas yang dibebankan secara optimal yang tetap berpedoman pada prosedur tetap yang telah direncanakan. Disamping itu Kasum juga mengharapkan agar Kohanudnas beserta jajaran berperan aktif sehingga mampu mengamankan kegiatan KTT Asean ke 28 baik mengamankan para pejabatnya maupun mengamankan pelaksanaan kegiatan itu sendiri. 

Pada akhir kunjungannya Kasum TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo didampingi Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray meninjau Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (Popunas) untuk melihat langsung kegiatan pemantauan wilayah udara nasional melalui peralatan canggih yang ada di Popunas. Kasum TNI juga mendapat penjelasan secara detail mengenai fungsi, tugas dan tanggung jawab Kohanudnas dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada kesempatan tersebut Kasum TNI mengadakan komunikasi secara langsung dengan para Pangkosekhanudnas. 

Baca juga:  Danskadron 3 "Kesiapan Kendaraan Dinas Lancarkan Ops. Udara"

Selesai peninjauan ke Popunas, Kasum TNI menyaksikan demo peralatan CMOV (Communication and Monitoring Observation Vehicle) and COMOB (Communication Mobile) dan Jammer Mobile yang dimiliki Kohanudnas. Kohanudnas sendiri merupakan kesatuan pertama di jajaran TNI AU yang memiliki peralatan CMOV/COMOB. CMOV/COMOB berfungsi sebagai kodal utama Pangkohanudnas dalam rangka mendukung setiap operasi dan latihan yang dilaksanakan Kohanudnas. Dalam operasionalnya peralatan ini berfungsi sebagai alat untuk memonitor data radar dan komunikasi dengan pesawat dalam latihan, selain itu peralatan ini juga dilengkapi dengan sarana interconnect yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara Kohanudnas dengan satuan jajaran. Demikian keterangan yang diberikan Kapen Kohanudnas Mayor Sus Suharto, SH.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel