Berita

Kebakaran TBBM Pertama Tasikmalaya

KEBAKARAN TBBM PERTAMINA TASIKMALAYA
#TNIAU 

TNI AU. Setelah melaksanakan apel pagi, Anggota Lanud Wiriadinata melaksanakan berbagi aktifitas kerja rutin sesuai dengan tugas pokoknya maing-masing, Kamis (12/9), secara tiba-tiba dikejutkan dengan suara sirine tanda berkumpulnya seluruh anggota untuk segera menuju ke gudang GPL mengambil peralatan PHH (Penanggulangan Huru Hara). Dengan sigap, dalam hitungan waktu 10 menit, satu SST pasukan Lanud Wiriadinata telah berkumpul dan siap dengan peralatan PHH, seperti tongkat dan tameng.

Perintah berkumpulnya Anggota secara tiba-tiba ini, atas perintah dari Komandan Lanud Wiriadinata Letol Pnb M. Pandu Adi Subrata, S.H., kepada Kepala Dinas Operasi Mayor Lek Adifiyana Awan Danu atas laporan dari Tim Aju yang telah memantau kejadian kebakaran di TBBM Pertamina Tasikmalaya.

Awal terjadinya kebakaran tersebut, pada pukul 08:15 WIB Pertamina melaksanakan Unloading BBM jenis premium di tanki pendam No. 9 dari kendaraan angkut BBM, namun terjadi over fuel dan mengakibatkan tumpah BBM jenis Premium sehingga dihentikan seketika kegiatan unloading tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan penutupan jalur oil catcher dan repumping tumpahan BBM jenis premium dengan menggunakan Vaccum Truk. Adanya korsleting yang berasal dari kelistrikan didalam Vaccum Truk, mengakibatkan mobil tersebut terbakar dan menjalar ke tanki pendam No 9.

Masyarakat sekitar TBBM Pertamina Tasikmalaya, melihat adanya kepulan asap berwarna hitam, segera berlarian menuju lokasi kebakaran untuk mengetahui dan melihat kebakaran di TBBM tersebut. Puskodal TBBM Pertamina Tasikmalaya, segera melaporkan kejadian tersebut dan meminta bantuan pasukan Pengamanan dari Lanud Wiriadinata, Koramil dan Polsek Cibeureum.

Komandan Lanud Wiriadinata  setelah mendapatkan laporkan dari Kadisops tentang kebakaran tersebut, segera memerintahkan untuk mengirim Pasukan PHH agar memblokir dan mencegah masyarakat yang bergerak menunju TBBM, negosiator dari Lanud Wiriadinata dengan didampingi oleh personel dari TBBM Pertamina, menyampikan kepada masyarakat kebakaran sedang dalam penanganan petugas Damkar dan diharapkan segera membubarkan diri agar mobil Ambulance dalam rangka evakuasi korban dapat berjalan lancar untuk dibawa ke Rumah Sakit terdekat. Dengan pengertian sendiri-sendiri massa membubarkan diri dengan tertib tanpa meninggalkan kerugian, kebakaran bisa teratasi dan pasukan PHH melaksanakan konsolidasi untuk mengecek kembali anggota dan kelengkapan masing-masing , selanjutnya kembali ke Mako Lanud Wiriadinata. Demikian skenario singkat yang dilaksanakan pada Latihan Penanggulangan Kebakaran Pertamina bersama Pasukan PHH Lanud Wiriadinata.

Sementara itu, Komandan Lanud Wiriadinata Letol Pnb M. Pandu Adi Subrata, S.H., mengatakan kegiatan ini dalam rangka Latihan Penanggulangan Kebakaran dan Latihan PHH untuk anggota Lanud Wiriadinata bekerjasama dengan Pertamina Tasikmalaya yang kegiatan simulasinya di area Pertamina, agar me-refresh kembali prosedur tentang penanganan terhadap kebakaran dan juga terhadap tindakan anarkis dari pengunjuk rasa.

“Mudah-mudahan latihan yang dilaksanakan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan profesionalisme Anggota Lanud Wiriadinata,” pungkas Komandan Lanud Wiriadinata.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel