Berita

Keberadaan Sumber Daya Nasional Sangat Penting Untuk Pertahanan Negara

Dibaca: 685 Oleh 31 Jul 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Keberadaan sumber daya nasional dalam sistem pertahanan negara sangat penting, maka sudah seyogyanya sumber daya nasional yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan dikelola dengan perencanaan, pelaksanaan dan koordinasi diantara kekuatan bangsa ini, serta didukung adanya peraturan perundang-undangan yang mampu mewadahi terselenggaranya pengelolaan sumber daya nasional yang baik. Untuk tercapainya hal tersebut salah satu upaya adalah melaksanakan konsultasi publik seperti yang dilaksanakan saat ini.

Hal tersebut dikatakan Asisten Personel (Aspers) Kasau Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi dalam sambutanya yang dibacakan Wakil Asisten Personel (Waaspers) Kasau Marsekal Pertama TNI K. Qhoirul Arifin, S.E,. M.M. saat membuka sosialisasi Rancangan Undang-Undang RI tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara oleh Direktorat Jendral Potensi Pertahanan di auditorium Denma Mabesau, Cilangkap. Jumat (31/7).

Menurutnya, sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan TNI sebagai komponen utama yang dipersiapkan untuk digunakan dalam melaksanakan tugas-tugas pertahanan dengan didukung oleh komponen cadangan yang merupakan sumber daya nasional dan telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama dan komponen pendukung. Sementara itu komponen pendukung berupa sumber daya nasional dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama serta komponen cadangan, sehingga komponen pendukung tidak membentuk kekuatan nyata untuk perlawanan yang bersifat fisik.

Baca juga:  Latihan Survival Taruna AAU Resmi Diberangkatkan

Sementara itu, dalam sambutan Ditjen Pothan Kemhan yang dibacakan oleh Sesditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Santoso mengatakan, untuk menghadapi ancaman yang semakin beragam, Indonesia perlu menata kembali kekuatan pertahanannya. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menata dan membangun sumber daya nasionalnya, khususnya sumber daya manusia sebagai komponen cadangan dan pendukung.

Lebih lanjut ditegaskan, saat ini Kementerian Pertahanan sedang menyusun draft RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara sebagai payung hukum yang demokratis bagi negara dalam menggunakan Sumber Daya Nasional bagi pertahanan negara.

Pada soalisasi tersebut, Prof. Dr. Anak Agung Banyu Perwita sebagai narasumber memberikan penjelasan tentang RUU RI tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara dari segi Akademis, sedangkan Brigjen TNI Iskandar M. Munir. M.Soc,.Sc. memaparkan Rancancangan Undang-Undang Pengelolaan SDN untuk Hanneg.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel