TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kegiatan Bintal di Kosekhanudnas III Manfaat dan Keutamaan Adzan

Agama

TNI AU. Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan personel Kosekhanudnas III setiap hari Rabu diselenggarakan pembinaan rohani yang sudah diagendakan oleh Pabanda Bintal Mayor Sus Edison, S.Ag. Untuk personel yang beragama Islam dilaksanakan secara intern, yang diselenggarakan di Masjid Baitussalam Kosekhanudnas III, diikuti oleh para Asisten Kosekhanudnas III dan segenap personel militer maupun PNS Kosekhanudnas III serta ibu-ibu pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 04-Kosekhanudnas III yang beragama Islam, setelah sholat Dhuha. Rabu (21/03).

Kegiatan agama Islam ini merupakan bagian dari program kerja pembinaan mental secara rutin diselenggarakan Kosekhanudnas III yang dilaksanakan intern seminggu sekali. Selain sholat dhuha, warga Kosekhanudnas III juga mendapatkan siraman rohani serta ceramah (tausiah) yang disampaikan langsung oleh Al Ustad H. Hasbi Al Mawardi Lubis S.Pdi., yang mengambil tema tentang manfaat dan keutamaan adzan.

Dalam ceramahnya Al ustad H. Hasbi Al Mawardi Lubis S.Pdi., antara lain menyampaikan, adzan adalah panggilan untuk shalat, meskipun disuarakan oleh manusia, pada hakikatnya adzan adalah panggilan Allah kepada segenap hamba-Nya untuk menunaikan sholat. Adzan memiliki banyak keutamaan yang luar biasa dan ada 10 keutamaan adzan diantaranya : pahala adzan sangat besar, makhluk dan benda yang mendengar adzan akan menjadi saksi bagi muadzin, muadzin akan mendapat ampunan Allah, orang yang adzan mendapat pahala seperti orang yang shalat bersamanya, muadzin menjadi orang yang dipercaya Allah, muadzin didoakan Rasulullah, adzan membuat syetan takut dan lari terkentut-kentut, leher muadzin akan dipanjangkan di hari kiamat, orang yang adzan dibanggakan Allah di hadapan malaikat-Nya, para muadzin akan dimasukkan ke dalam surga. Acara ditutup dengan doa bersama.

Pada waktu yang bersamaan bagi personel Kosekhanudnas III yang beragama Kristen melaksanakan kebaktian bersama dengan personel Lanud Soewondo, Wing III Paskhas dan Batalyon 469 Paskhas di tempat ruang rapat Kosekhanudnas III. Untuk penceramah agama kristen disampaikan oleh Pendeta Jayadi Lontolawa tentang “Mengucap syukur dalam segala hal”, artinya dalam menghadapi segala aspek kehidupan yang begitu kompleks kita harus tetap bersyukur dan menerima apa yang dianugerahkan Tuhan yang maha kuasa.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kegiatan Bintal di Kosekhanudnas III Manfaat dan Keutamaan Adzan