Berita

Kegiatan Bintal Kosekhanudnas III Kewajiban Menuntut Ilmu

Kegiatan Bintal Kosekhanudnas III Kewajiban Menuntut Ilmu
#TNIAU 

TNI AU. Kosekhanudnas III terus meningkatkan pembinaan rohani personel yang diselenggarakan, setiap hari Rabu, bagi personel yang beragama Islam  dilaksanakan secara intern di Gedung Balai Pertemuan Soewarto Kosekhanudnas III, diikuti para Asisten Kosekhanudnas III dan seluruh personel  Kosekhanudnas III baik Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Kosekhanudnas III yang beragama Islam, setelah pelaksanaan apel pagi, Rabu (15/01/2020).

Kegiatan agama ini merupakan bagian dari program kerja pembinaan mental secara rutin diselenggarakan Kosekhanudnas III yang dilaksanakan secara intern seminggu sekali.  Acara dimulai dengan sholat dhuha bersama, membaca surat yasin, zikir dan berdoa dilanjut dengan ceramah (tausiah) yang disampaikan langsung oleh Ps. Pabanda Bintal Kapten Sus Mirza, S. FIL. I., yang membahas tentang “Kewajiban Menuntut Ilmu”.

Dalam ceramahnya Ps. Pabanda Bintal Kapten Sus Mirza, S. FIL. I., menyampaikan bahwa menuntut ilmu adalah hal yang paling wajib yang dilakukan setiap insan manusia untuk memperluas wawasan sehingga derajat kita pun bisa terangkat.  Menuntut ilmu merupakan ibadah sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW “Menuntut Ilmu diwajibkan atas orang Islam laki-laki dan perempuan”.   

Orang yang memiliki ilmu akan dapat membedakan antara petunjuk dan kesesatan, kebenaran dan kebatilan, sunnah dan bid’ah.  Maka ilmu adalah perkara mulia yang hendaknya menjadi perhatian setiap muslim, perkara yang harus diutamakan. Karena ilmu itu lebih didahulukan dari perkataan dan perbuatan.  Ilmu yang bermanfaat adalah mempelajari al-Qur’an dan sunnah serta memahami makna kandungan keduanya dengan pemahaman para sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in. Demikian juga dalam masalah hukum halal dan haram, zuhud dan masalah hati, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Upacara Mingguan di Makosekhanudnas III

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel