Berita

Kegiatan Bintal Kosekhanudnas III Makna Idul Adha dan Qurban

Kegiatan Bintal Kosekhanudnas III Makna Idul Adha dan Qurban
#TNIAU 

TNI AU.  Pada Akhir Bulan Zulhijjah 1440 H/2019 M, Kosekhanudnas III mengadakan ceramah agama tentang Makna Sholat Idul Adha dan Qurban di Masjid Baitussalam Kosekhanudnas III, dihadiri oleh Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, S. AB., didampingi Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 04-Kosekhanudnas III Ny. Tanti Djohn Amarul, para Asisten Kosekhanudnas III dan seluruh anggota Kosekhanudnas III baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kosekhanudnas III serta ibu-ibu pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 04-Kosekhanudnas III yang beragama Islam, setelah pelaksanaan apel pagi. Rabu (21/08/2019).

Kegiatan agama ini merupakan bagian dari program kerja pembinaan mental secara rutin diselenggarakan Kosekhanudnas III yang dilaksanakan secara intern setiap hari Rabu sekali.  Acara dimulai dengan sholat dhuha, dilanjut dengan ceramah (tausiah) yang disampaikan langsung oleh Al Ustadz Dr. Fuji Rahmadi, M.A.

Panglima Kosekhanudnas III dalam sambutan pengantarnya mengajak kepada seluruh anggota untuk menjalankan ibadah sholat zuhur bersama di Masjid Baitussalam Kosekhanudnas III dan menjalan ibadah sholat lima waktu.  Hidup ini tidak boleh sombong, apalagi kepada Allah SWT yang telah menciptakan kehidupan ini, kalau kita sudah mendengar suara adzan bergegaslah untuk melaksanakan sholat dan jangan bermalas-malasan dan suatu saat kita akan diminta untuk pertanggungjawabannya di kemudian hari.

Dalam ceramahnya Al Ustadz Dr. Fuji Rahmadi, M.A., antara lain menyampaikan, bahwa perayaan Idul Adha adalah memperingati peristiwa qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail kepada Allah, kemudian itu digantikan oleh Allah dengan seekor Kibas dan puncaknya rangkaian ibadah haji dimana kaum muslimin  yang sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah.

Selanjutnya Idul Adha memiliki makna ibadah yang mengarah pada mendekatkan diri kepada Allah, hal yang harus dilakukan kaum muslimin adalah ketakwaan dalam menjalankan perintah-Nya. Ibadah qurban adalah salah satunya ibadah yang mengarah pada pendekatan diri kepada Allah, ibadah ini dilaksanakan atas dasar ketakwaan dan keiklasan, karena yang disampaikan kepada Allah bukan daging qurban dan bukan juga darah qurbannya, melainkan yang sampai kepada Allah adalah ketakwaan dan keiklasan dari hamba yang menjalankan ibadah tersebut. Acara ditutup dengan doa bersama.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel