Berita Kotama

Kegiatan Sekkau

Dibaca: 67 Oleh 27 Jan 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kegiatan dan Foto SEKKAU 2007

Program kerja (Progja) Sekkau tahun 2007 melaksanakan pendidikan pengembangan umum tingkat menengah yakni angkatan ke-81 dan 82.

Sesuai dengan Surat Keputusan Dankodikau Nomor : Skep/021/I/2007 tanggal 2 Januari 2007 tentang Pembukaan Pendidikan Sekkau Angkatan ke-81 dan Surat Keputusan Kasau Nomor : Skep/121/VI/2006 tanggal 27 Juni 2006 tentang Kurikulum Pendidikan Sekkau.

Masa pendidikan Sekkau terdiri dari dua tahap, yaitu tahap I dari tanggal 3 Januari sampai dengan 30 Maret 2007 dan tahap II dari tanggal 2 April sampai dengan 15 Juni 2007 (Angkatan 81) sedangkan Angkatan 82 mulai 3 Juli-14 Desember 2007.

Pelaksanaan kegiatan pendidikan berdasarkan kurikulum silabus sesuai dengan sasaran pendidikan yang telah digariskan. Para perwira siswa menerima materi-materi pelajaran di kelas mulai dari bidang studi pembinaan kejuangan, mastra, manajemen dan operasi. Selain pengajaran di kelas, dalam kurikulum terdapat tiga kegiatan khusus yaitu, karya wisata, geladi sekolah dan penataran isteri Pasis.

Karya wisata adalah kegiatan yang termasuk dalam bidang studi manajemen, dengan maksud memberikan kesempatan kepada para Perwira Siswa untuk melihat dan mengamati aplikasi dari mata pelajaran di bidang manajemen sistem operasi udara, sistem pembinaan personel dan sistem dukungan logistik di Pangkalan-pangkalan udara TNI AU yang dijadikan objek peninjauan. Dengan karya wisata ini diharapkan para Perwira Siswa mampu merumuskan konsepsi tentang pemecahan masalah yang dihadapi di lapangan yang dikaitkan dengan manajemen dan operasi udara, dengan memperhatikan tema yang diberikan lembaga Sekkau. Tema Karwis tahun 2007 adalah “Dengan pembinaan sumber daya manusia TNI Angkatan Udara, kita tingkatkan profesionalisme untuk menghadapi tugas di masa mendatang”

Baca juga:  Sinergi Satpom Lanud Iswahjudi dengan Sejumlah Instansi Guna Penanggulangan Covid-19.

Karya wisata Pasis Sekkau Angkatan ke-81 dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 30 Maret 2007,dengan objek peninjauan Medan dan Pekanbaru. Karya wisata Medan meliputi Lanud Medan, Kosekhanudnas III, PT. KIM, Kodam I Bukit Barisan, Polda Medan dan Pemda Sumatera Utara. Karya wisata Pekanbaru mengunjungi enam objek yaitu, Lanud Pekanbaru, PT. RAPP, PT. Angkasa Pura II bandara Sultan Syarif Kasim II, PT. CPI, Pemda Riau dan SPN Riau.

Geladi Sekolah adalah kegiatan yang termasuk dalam bidang studi Operasi, dengan tujuan memberikan kesempatan bagi Perwira Siswa dalam mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima selama mengikuti pendidikan Sekkau. Adapun tujuan dari latihan ini dilihat dari segi edukatif, untuk memberikan pengalaman kepada perwira siswa tentang pelaksanaan latihan Posko I, dengan mengaplikasikan semua materi pelajaran yang telah didapat. Bagi lembaga, pelaksanaan geladi sekolah bertujuan analitis dan integratif. Mengevaluasi validitas materi pelajaran dan petunjuk-petunjuk operasi yang telah diberikan sekaligus melatih serta menguji kemampuan perwira siswa dalam menerapkan Doktrin, Prosedur, Petunjuk Oerasi TNI AU serta Petunjuk Operasi Gabungan TNI AU dalam rangka pengerahan kekuatan, penggunaan kekuatan dan pengendalian operasi sesuai dengan lingkup tugasnya.

Baca juga:  HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR WINGDIKUM

Geladi sekolah Sekkau Angkatan ke-81 dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 25 Mei 2007. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemasangan tanda peserta geladi sekolah. Dan diakhir geladi tepatnya 25 Mei 2007, Komandan Sekkau Kolonel Pnb Edy Sunarwondo memimpin upacara penutupan sekaligus penanggalan tanda peserta geladi sekolah.

Perwira siswa setelah melaksanakan Geladi sekolah sesuai kurikulum dilanjutkan dengan ceramah-ceramah orientasi matra dari TNI AL, TNI AD dan Polri, jam pimpinan oleh Dankodikau, Irjenau diakhiri pembekalan dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Penataran Isteri Perwira Siswa adalah kegiatan yang termasuk dalam program khusus, untuk membekali para isteri Perwira Siswa dan Perwira siswa Wara. Penatris Sekkau Angkatan ke-81 akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 13 Juni 2007. Kegiatan penataran ini bertujuan membekali para isteri perwira siswa dengan pengetahuan umum dan khusus serta ketrampilan kewanitaan agar mampu lebih baik mendampingi dalam tugas-tugas sebagai perwira pejabat.

Sasaran pelaksanaan penataran isteri adalah agar para isteri perwira siswa mengerti hak dan kewajibannya sebagai mitra sejajar suami dalam melaksanakan tugas TNI Angkatan Udara melalui wadah organisasi PIA Ardhya Garini. Penataran isteri Pasis sekkau angkatan ke-81 dijadwalkan pada minggu ke-24 yaitu tari tanggal 11 sampai dengan 13 Juni 2007 selama tiga hari kerja.

Baca juga:  Pengarahan Komflik Dalam Rumah Tangga

Materi yang diberikan dalam penataran isteri sesuai dengan kurikulum, yang salah satunya adalah Peningkatan Peranan dan Kadarkum Bagi Wanita dalam Pembangunan hingga Pendidikan dalam keluarga dan pengetahuan umum yang aktual.

Menurut rencana Sekkau angkatan ke-81 akan ditutup oleh Komandan Kodikau, sekaligus memberikan ijazah dan surat penghargaan kepada siswa terbaik

Kegiatan Sekkau

Kegiatan Sekkau

Kegiatan Sekkau

Kegiatan Sekkau

Kegiatan Sekkau

Kegiatan Sekkau

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel