Berita

Kehadiran Brigan Pomau Dalam Pengamanan Siaga Kuning Di Bandara Supadio

Dibaca: 17 Oleh 03 Des 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Kementrian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara meningkatkan kondisi keamanan Bandara dari kondisi ”hijau” menjadi kondisi ”kuning”. Hal tersebut dituangkan dalam Instruksi Ditjen Perhubungan Udara Nomor : INST 5 tahun 2015 tentang peningkatan kondisi keamanan penerbangan dari kondisi hijau menjadi kondisi kuning pada Bandar Udara di wilayah Indonesia. Hal ini tidak terkecuali dengan Bandara Internasional Supadio yang merupakan salah satu bandara di Kalimantan Barat.

Dengan adanya peningkatan status tersebut maka pengamanan di Bandara Internasional Supadio lebih diperketat. Untuk itu Komandan Lanud Supadio Marsekal Pertama TNI Tatang Harlyansyah, S.E mengerahkan personel Satpomau Lanud Supadio untuk membantu pengamanan di wilayah sekitar Bandara Supadio, Rabu (2/11).

Menurut Dansatpomau Lanud Supadio Letkol Pom Jimmi W Sidabutar, peningkatan status kondisi keamanan di Bandara dari kondisi hijau ke kondisi kuning merupakan instruksi dari Kementrian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara dan berlangsung hingga ada pencabutan atau penurunan kondisi bandara.

“Hal ini untuk mengantisipasi gangguan keamanan disetiap Bandara. Untuk Bandara Supadio sejauh ini kondisi Bandara dan sekitarnya masih normal dan tidak ada tanda-tanda kearah yang mengkhawatirkan namun pemberlakuan pengamanan tetap dilakukan dengan ketat sesuai instruksi pemerintah pusat,” kata Dansatpomau.

Baca juga:  CALON BINTARA IKUTI TES SAMAPTA DI LANUD IWJ

Ia menambahkan dalam pengamanan Bandara tentunya kita juga berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura selaku pengelola Bandara Supadio dan instansi terkait lainnya. Selama ini telah berjalan sangat baik dan sebelum adanya instruksi dari Dirjen Perhubungan tentang peningkatan kondisi keamanan penerbangan, Lanud Supadio selalu membantu dalam pengamanan di wilayah Bandara Supadio.

Kadisops Lanud Supadio Kolonel Pnb Radar Suharsono menambahkan dengan adanya peningkatan status kondisi bandara dari hijau ke kuning tentunya berdampak kepada peningkatan kewaspadaan dan peningkatan pengamanan di Bandara Supadio.

Untuk itu, lanjut Kadisops, kiranya sangat tepat sekali Satpomau mengerahkan Brigan untuk membantu memeriksa semua barang penumpang serta bawaannya, baik yang baru datang maupun penumpang yang akan berangkat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel