TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Keikutsertaan Beberapa Purnawirawan TNI Dalam Pilkada Tidak Boleh Mempengaruhi Netralitas Prajurit TNI

By 17 Apr 2018Berita
upc_3_

TNI AU. Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S. Sos. memimpin upacara bendera 17an di Stadion Dirgantara Lanud Abd. Saleh dengan berjalan aman, tertib dan lancar. Turut hadir dalam upacara bendera tersebut Komandan Depohar 30 Kolonel Tek Ir. Isdwiyanto, S.I.P., M. Si(Han) , Kepala Dinas Operasi Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Reza R. Sastranegara, S.Sos., M.A.P., Kadispers Lanud Abd. Saleh, Kadislog Lanud Abd. Saleh, para Komandan Satuan di Jajaran Lanud dan Insub, Perwira, Bintara, Tamtama beserta ASN dari jajaran Lanud Abd Saleh dan Insub.

Pada sambutan Panglima TNI yang dibacakan Komandan lanud Abd. Saleh menekankan “Kepada seluruh satuan di jajaran TNI untuk menyusun laporan pelaksanaan dan evaluasi triwulan I serta laporan dan evaluasi triwulan selanjutnya secara jujur, bertanggungjawab, transparan, akuntabel dan tepat waktu. Hal tersebut sebagai realisasi dari komitmen TNI dalam reformasi birokrasi, guna mendukung kebijakan pemerintah clean government dan good governance. Panglima TNI juga mengatakan salah satu tantangan yang akan kita hadapi dalam waktu dekat adalah pilkada serentak di 171 daerah di seluruh wilayah indonesia. Pada tahun ini pula rangkaian pemilu 2019 akan dimulai. Pesta demokrasi tersebut biasanya akan diiringi dengan meningkatnya suhu politik di tanah air. Kerawanan akan timbul bila hal itu dibarengi dengan berbagai tindakan kontra produktif seperti kampanye hitam dan provokasi serta pengerahan massa yang anarkis.

“Minta kepada seluruh prajurit dan Pns TNI untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkembang dan tetap fokus pada tugas yang diembankan kepada kita sekalian. Prajurit dan Pns TNI harus dapat membawa kesejukan di tengah-tengah masyarakat dengan tidak turut meneruskan atau menyebarkan isu-isu tidak jelas yang dibuat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab”, pinta Panglima TNI dalam sambutannya.

Panglima TNI dalam sambutannya menegaskan, “Keikutsertaan beberapa purnawirawan TNI dalam pilkada tidak boleh mempengaruhi netralitas prajurit TNI. Partisipasi para purnawirawan tersebut memang menunjukkan adanya penghargaan masyarakat terhadap purnawirawan, sekaligus wujud partisipasi aktif dalam politik setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat. Namun partisipasi tersebut tidak boleh menyeret TNI ke kancah politik praktis “.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Keikutsertaan Beberapa Purnawirawan TNI Dalam Pilkada Tidak Boleh Mempengaruhi Netralitas Prajurit TNI