Berita

KEJUARAAN TERJUN PAYUNG MILITER SE-ASIA DIBUKA

Oleh 24 Sep 2012 Tidak ada komentar
KEJUARAAN TERJUN PAYUNG MILITER SE-ASIA DIBUKA
#TNIAU 

Dua kejuaraan terjun payung ber-skala internasional secara resmi dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Apron Suma 2 Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (23/9). Didampingi pejabat teras Mabes TNI serta Komandan Lanud Halim, Marsma TNI A. Adang Supriyadi, SE; Panglima TNI menjelaskan secara rinci pelaksanaan 1st CISM Asia Military Parachuting Championship and Indonesia Military Parachuting Open tahun 2012 kepada pers.

 

Commander of Chief of Indonesian Armed Forces ini menyatakan, kejuaraan terjun payung militer Indonesia terbuka ini sangat diharapkan akan memiliki dua manfaat bagi perkembangan hubungan kerjasama antar Negara-negara di dunia.

 

Menjalin hubungan yang kokoh di samping mencapai prestasi yang tinggi di ajang ini. Berharap pula akan mampu meningkatkan tingkat kegiatan olahraga dalam perdamaian dunia. Seperti tampak pada tema, perdamaian melalui terjun payung.

 

Even ini diselenggarakan berdasarkan keputusan siding pleno CISM (Conseil International Du Sport Militaire) Regional Asia yang diselenggarakan pada bulan Mei di Kampala Uganda. Tentang program kompetisi olahraga militer Asia sub even Asia 1 CISM Military Parachuting Championship and Indonesia Military Parachuting Open 2012 Indonesia.

Baca juga:  JUNIOR OFFICER EXCHANGE VISIT TNI AU

 

Tujuannya, untuk meningkatkan prestasi atlit terjun payung Tanah Air di tingkat internasional. Menciptakan rekor baru, membangun persahabatan antar Negara. Mengembangkan wawasan kebersamaan serta pengalaman dalam olahraga terjun payung. Memperluas dan promosi tentang citra TNI dan perkembangan CISM. Serta meningkatkan solidaritas antar Negara peserta.

 

Kompetisi kali ini di gelar dua kejuaraan yang akan diperlombakan. Pertama, 1st CISM Asia Military Parachuting Championship yang akan memperebutkan Individual Accuracy Man; Team Accuracy Man; Team Formation Skydive Man; Overall Team Man; Individual Accuracy Women; Team Formation Skydive Woman; serta Overall Team Women.

 

Kejuaraan kedua, Indonesia Military Parachuting Open. Memperebutkan Individual Accuracy Man; Team Accuracy Man, Team Formation Skydive Man, Individual Accuracy Woman; Team Accuracy Woman; serta Team Formation Skydive Woman.

 

Dua hari sebelumnya, para atlit nasional yang terdiri dari anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri telah mencoba medan dengan melaksanakan latihan pendahuluan terjun. Di mulai dari jam enam pagi dengan koordinat 06 15 57.68 South; 106 53 51.00 East. Radius 3 NM, dengan ketinggian 10.000 feet. Pesawat yang dilibatkan adalah Helikopter Mi dari TNI AD dan juga Helikopter Colibri dari Skadron Udara 7 TNI AU dengan Captain Pilot Mayor Pnb Tubagus Hasan dan Lettu Pnb Nodhi Bayu. Setiap harinya ada sekitar dua puluh peterjun.

Baca juga:  KUKER ATASE AS DI LANUD SUPADIO

 

Tiga diantaranya adalah Wanita TNI Angkatan Udara (Wara). Yakni, Lettu Sus Endang Dwi berdinas aktif di Akademi TNI Angkatan Udara (AAU). Kedua, Lettu Kes Agus Rianti dari kesatuan kerja RS Harjolukito Yogyakarta. Terakhir, Sertu Indri Susiani dari Dinas Pamsanau Mabes TNI AU Cilangkap Jakarta.

 

Sersan Satu Indri, baru kembali dari Riau setelah mengikuti kejuaraan PON Terjun Payung ke-18. Dari penuturannya, latihan ini hanya untuk pemantapan saja. Mengasah kemampuan untuk menghadapi kejuaraan berikutnya. Terutama untuk memperkenalkan olahraga dirgantara kepada generasi muda khususnya gadis-gadis remaja Indonesia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel