Berita

KEJURNAS TERBANG LAYANG 2010 DIBUKA DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 12 Oleh 11 Okt 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Olah raga dirgantara Terbang Layang sebagai salah satu bagian dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) selama sepuluh hari mulai Sabtu (9/10) hingga 19 Oktober mendatang menggelar Kejuaraan Nasional (kejurnas) tahun 2010 yang diikuti oleh 12 propinsi dengan sekitar 71 atlit di Lanud Suryadarma, Subang, Jawa Barat. Selama Kejurnas akan memperebutkan 25 set medali dengan memperlombakan 19 nomor pertandingan.

 

Dalam amanatnya pada pembukaan kejurnas terbang layang, KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat selaku Ketua Umum PB FASI yang dibacakan Sekretaris Jenderal FASI Marsekal Pertama TNI Sunaryo selaku pembina upacara menyatakan Kejurnas digelar untuk mencari atlet-atlet yang akan berlaga pada PON XVIII tahun 2012 di Pekanbaru, Riau. Oleh karena itu diharapkan memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan kejuaraan-kejuaraan lainnya karena menjadi penentu para atlet terbang layang untuk dapat tampil pada PON 2012 tersebut. Kejurnas dimulai ditandai dengan ucapan basmalah oleh pembinaan upacara serta pembacaan janji wasit dan atlet.

 

Sementara itu di sela-sela menyaksikan persiapan panitia, wasit dan peserta menggelar perlombaan di landasan Lanud Suryadarma, Ketua Persatuan Olah Raga Terbang Layang (Portela) Indonesia, Marsekal Pertama TNI (Purn) Prasetya menyatakan seharusnya kejurnas digelar tiap tahun sekali, namun karena dalam AD/ART dua tahun sekali harus melaksanakan kejurnas, maka dalam tahun 2010 harus melaksanakannya sebab kejurnas terakhir tahun 2007. Sesuai syarat KONI, tiap cabang yang dapat bertanding dalam PON minimal diikuti oleh sepuluh propinsi, sehingga olah raga terbang layang memenuhi syarat untuk turut serta dalam penyelenggaraan PON 2012. “Yang penting atlit-atlit semangat untuk bertanding dan kejurnas terselenggara dengan lancar,” demikian Ketua Portela.

Baca juga:  SERTIJAB DANDENMA KOOPSAU I

 

Dalam upacara yang dihadiri perwakilan 12 propinsi yaitu Bangka Belitung, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Selatan, Papua dan Riau tersebut dihadiri pula oleh tamu dari Muspida Kabupaten Subang, Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., para official, Pejabat dari Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal dan undangan lainnya. Pada hari pertama hingga waktu menjelang senja telah berhasil dilaksanakan terbang pengenalan oleh seluruh peserta dengan 56 sortie terbang yang menggunakan 11 glider. Rencananya besok (10/10) menggelar dua nomor perlombaan yaitu duration flight putri dan precision landing putri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel