TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kenaikan Pangkat Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

By 03 Apr 2018Berita
ukp_2018_e

TNI AU. Tidak seperti biasanya kenaikan pangkat Periode April yang selama ini dilaksanakan setiap tanggal 1, namun  kali ini Lanud Adisutjipto menggelar Upacara Kenaikan Pangkat tersebut Selasa (3/4).

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa kenaikan pangkat merupakan suatu prestasi  dengan berbagai kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria tersebut antara lain yang bersangkutan harus memenuhi persyaratan tertentu dan memang telah memperlihatkan kemampuannya, serta dinilai layak untuk mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Danlanud Adisutjipto juga berharap agar anggota yang naik pangkat lebih meningkatkan pengabdiannya terhadap TNI AU.  “Tugas-tugas yang diberikan harus dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi”, tegasnya.

Upacara kenaikan Pangkat Bintara Tamtama dan PNS juga dilaksanakan acara tardisi pemecahan telur dan penyiraman air.  Acara tradisi  ini bermakna agar personel yang mendapat kenaikan pangkat ibarat sebutir telur yang menetas dan pecah dengan sebuah pemikiran dan gagasan baru dalam setiap pelaksanaan tugas. Sedangkan penyiraman air bermakna agar para prajurit yang mendapatkan kenaikan pangkat mendapatkan siraman berkah dan pembersihan diri agar menjadi prajurit dengan semangat yang baru dalam melaksanakan pengabdian tugas.

Usai dilaksanakan Upacara kenaikan Pangkata Bintara Tamtama dan PNS di Lapangan Jupiter, juga dilaksanakan pelaporan kenaikan pangkat para perwira di Gedung Jupiter.

Pada periode April 2018,  terdapat 112 anggota Lanud Adisutjipto yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Mereka terdiri dari 37 orang Perwira, dan 65 Bintara Tamtama dan 10 Pegawai Negeri Sipil.

Pada penghujung acara kenaikan pangkat Bintara Tamtama dan PNS, Komandan Lanud juga menyerahkan Kendaraan VIAR roda tiga untuk mendukung kegiatan dinas ke 3 instansi yaitu Wingdik Terbang, Dinas Operasi, Dinas Logistik dan Dinas Personel.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kenaikan Pangkat Harus Dapat Dipertanggungjawabkan